Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Masyarakat Perlu Paham Pentingnya 3 T di Masa Pandemi COVID-19

Selasa, 24 November 2020 | 21:50 WIB
Foto :
  • U-Report
Virus Corona Menggerogoti Indonesia

VIVA – Selain menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 semakin meluas. Penting bagi masyarakat untuk bijak dan sadar terhadap 3 T yakni testing, tracing dan treatment

Kasubid Tracking Satgas COVID-19 Dr Kusmedi Priharto, Sp.OT, M.Kes, menjelaskan 3T itu saling berkaitan untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan dalam mencegah penyebaran semakin meluas. 

Baca Juga

"Diawali trakking mencari orang-orang yang positif atau orang yang kontak dengan orang yang positif sehingga kita mendapatkan hasil positif atau negatif," kata dia dalam siaran streaming BNPB, Selasa 24 November 2020.

Dia melanjutkan, jika positif maka dia harus diisolasi mandiri atau melakukan isolasi di tempat yang sudah disiapkan pemerintah jika mereka tidak bergejala. Namun jika bergejala dan cukup berat maka akan dibawa ke rumah sakit. 

"Kita mencoba menemukan orang ini dalam posisi dia masih sakit dan berharap ditemukan dalam kondisi tidak berat penyembahan lebih cepat dan efektif," tutur Kusmedi.

Namun di sisi lain, sejumlah masyarakat masih enggan untuk melakukan testing COVID-19, dengan berbagai alasan.

Tim Pakar Satgas COVID-19 Bidang Perubahan Perilaku sekaligus Kepala Demografi UI, Turro Wongkaren, Ph.D mengatakan berdasarkan temuan di lapangan alasan masyarakat enggan untuk melakukan testing lantaran alasan ekonomi..

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler