Pasca Uji Coba, Efek Samping Vaksin Oxford Mulai Terkuak

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Produsen farmasi AstraZeneca mengumumkan hasil uji coba terhadap vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan. Dari hasil uji coba itu diketahui, efektivitas calon vaksin tersebut mencapai rata-rata 70 persen dalam mencegah COVID-19. 

Usai pengumuman tersebut, pada Selasa kemarin seorang sukarelawan untuk uji coba vaksin virus corona Oxford mengungkapkan efek samping suntikan vaksin uji coba tersebut. 

Relawan yang bernama Jack Sommers itu mengaku tidak mengalami banyak efek samping setelah menjalani uji coba. Jack, mengakui dia mengalami sedikit rasa sakit di bahunya, meskipun tidak yakin apakah itu karena vaksin.

"Saya pikir saya merasa sedikit sakit di bahu saya," kata dua seperti dikutip dari laman Daily Star.

Jack menunjukkan rasa sakit itu bisa jadi akibat vaksin, plasebo, atau sesuatu yang lain sama sekali, saat dia menambahkan, pada dasarnya momen dirinya mendapatkan vaksin itu seperti menjalani suntikan saat liburan.

Dia juga meyaknikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir tentang vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford tersebut.

Dia menambahkan bahwa dia tidak mengalami "transformasi gaya X-Men" setelah menjalani uji coba. Di sisi lain, Dr Hilary Jones berterima kasih kepada Jack atas tindakannya tersebut. 

"Saya pikir apa yang telah Anda lakukan benar-benar luar biasa. Tanpa orang-orang seperti Anda, kami tidak dapat mengalami pencobaan ini dan kami tidak dapat mencapai posisi kami sekarang, jadi  Terima kasih. Ini akan membuat perbedaan besar bagi jutaan orang, jadi terima kasih," kata dia. 

Sementara itu, di Twitter para netizen dengan cepat memuji kepahlawanan Jack dalam mengambil bagian uji coba vaksin, dan berterima kasih atas keberaniannya melawan pandemi.

"Uji coba vaksin #Lorraine adalah heroik, tundukkan diri dan mudah-mudahan Anda akan diberi penghargaan. Terima kasih Jack dan semua yang membuka jalan bagi keselamatan kita di masa depan!," kata netizen. 

"@lorraine betapa cantiknya Jack dari Shropshire! Sungguh manis. Tanpa sukarelawan ini, kami tidak akan pernah mendapatkan vaksin, jadi angkat topi untuk mereka semua," tulis netizen.

"Sungguh pria yang hebat! Begitu bagus di televisi juga. Jadikan dia presenter di TV," tambah yang lainnya.

Untuk diketahui, data efektivitas vaksin yang dikembangkan Oxford itu didasarkan pada rata-rata dua jadwal pemberian dosis berbeda yang diuji sebagai bagian dari uji coba di Inggris dan Brasil. 

Vaksin tersebut menunjukkan efektivitas 90% dalam satu rejimen dosis, ketika vaksin diberikan kepada 2.741 orang sebagai setengah dosis, diikuti dengan dosis penuh setidaknya sebulan kemudian.

Dan hasil efektivitas sebesar 62% dalam rejimen kedua, ketika dua dosis penuh diberikan kepada 8.895 orang setidaknya dengan jarak sebulan. 

Pada 70%, rata-rata kemanjuran vaksin AstraZeneca lebih besar dari tingkat kemanjuran yang dimaksudkan oleh Administrasi Makanan dan Obat AS, yaitu setidaknya kemanjuran 50%.

Berbeda dengan calon vaksin COVID-19 yang lainnya, AstraZeneca telah menggunakan protokol yang sedikit berbeda untuk mengukur penyakit yang mencakup semua aspek penyakit termasuk kasus ringan yang lebih sulit diprediksi.

Dia mengatakan bahwa hasil uji coba itu "menarik" dan menunjukkan bahwa mereka memiliki "vaksin efektif yang akan menyelamatkan banyak nyawa."

"Tidak ada peserta yang menerima vaksin dirawat di rumah sakit atau dilaporkan menderita kasus virus yang parah," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

AstraZeneca adalah produsen obat ketiga yang mengungkapkan hasil yang menjanjikan dalam perang melawan virus corona bulan ini, dengan Moderna mengumumkan pada awal November bahwa vaksinnya 94,5% efektif melawan virus corona, dan Pfizer / BioNTech mengungkapkan bahwa vaksinnya 95% efektif.