Lari atau Jalan Kaki, Mana yang Baik untuk Turunkan Berat Badan

jalan kaki
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berjalan dan berlari, merupakan dua bentuk latihan cardio yang  paling populer di kalangan orang yang ingin menurunkan berat badan secara signifikan. Tetapi tidak sedikit dari kita yang selalu bertanya diantara dua jenis latihan cardio itu manakah yang paling baik untuk menurunkan berar badan. 

Jika Anda mencoba mencari tahu mana yang lebih baik maka akan sulit untuk memilih satu karena keduanya menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda.  Salah satunya adalah aktivitas dengan dampak yang rendah dan yang lainnya membantu mendorong batas kemampuan Anda dengan menantang tubuh Anda.  

Mana yang lebih baik untuk seseorwng sepenuhnya tergantung pada tujuan kebugaran seseorang.  Namun, untuk memberikan pemahaman, berikut ini penjelasan secara rinci perbedaan di antara keduanya untuk memudahkan Anda memilih yang tepat.

Dilansir dari laman Times of India, berjalan dan berlari keduanya menawarkan manfaat kesehatan yang kurang lebih sama.  Satu-satunya perbedaan utama adalah jumlah kalori yang dibakar.  

Keduanya baik untuk sistem kardiovaskular, membantu melenturkan otot dan meningkatkan mood Anda.  Selain itu, keduanya juga dapat meningkatkan stamina, memperkuat kekebalan dan membantu Anda mengatasi penyakit kronis.

Berlari vs berjalan untuk menurunkan berat badan

Jika satu-satunya tujuan Anda adalah untuk mengurangi berat badan maka lari adalah pilihan terbaik karena membantu Anda membakar lebih banyak kalori.  Berjalan juga dapat membantu Anda membakar kalori, tetapi itu akan relatif lebih sedikit daripada berlari. 

Sebagai contoh, seseorang dengan berat 72 kilogram dapat membakar 600 kalori dengan berlari sejauh 8km per jam (mph). Namun, jika Anda hanya ingin menjaga berat badan yang sehat, berjalan kaki setiap hari selama 30 menit sudah cukup.  

Seseorang dengan berat 54 pon berjalan kaki membakar 133 kalori dengan berjalan pada kecepatan normal sejauh 3,2 km.  Anda dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan meningkatkan kecepatannya.

Perlu diingat, jika Anda baru saja mulai berolahraga maka lebih baik memulai perjalanan penurunan berat badan Anda dengan berjalan kaki.  Setelah Anda melakukan ini secara rutin, tingkatkan kecepatan Anda untuk membakar lebih banyak kalori.  Setelah satu atau dua minggu, Anda dapat beralih ke berlari.  Anda juga dapat mencoba lari interval yang dapat membantu Anda membakar banyak kalori.

Jika Anda berusia di atas 50 tahun atau menderita masalah jantung atau nyeri sendi dan otot, berjalan lebih baik untuk Anda.  Berlari adalah aktivitas yang berdampak pada pinggul yang mungkin memberikan banyak tekanan pada tubuh, yang membuat kondisi Anda semakin buruk.

Perlu diingat juga, Anda tidak bisa menurunkan berat badan hanya dengan berolahraga saja. engatur pola makan juga memiliki peran yang sama pentingnya untuk dilakukan. Gabungkan makanan sehat dan bergizi dalam diet dan kurangi asupan kalori untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.