Gak Bikin Steril, Semprot Masker Pakai Hand Sanitizer Bisa Bahaya

Ilustrasi masker.
Sumber :
  • Freepik/tirachardz

VIVA – Memakai masker saat ini sudah menjadi cara paling utama dalam mencegah penularan COVID-19. Tak heran, banyak yang melakukan beragam cara untuk membuat maskernya tetap steril dan jauh dari virus, termasuk menyemprotkan dengan hand sanitizer berbasis alkohol. Amankah?

Meski hand sanitizer dapat membunuh kuman di kulit tangan, nampaknya itu tidak berkhasiat sama pada masker wajah. Alih-alih membunuh kuman, masker yang disemprot hand sanitizer dengan kandungan alkohol bisa memicu bahaya!

"Hand sanitizer berbasis alkohol itu bisa merusak pori-pori masker dan berbahaya bagi kulit. Karena bisa iritasi kulit. Juga bisa resistensi pada antibiotik," papar pakar kesehatan masyarakat, dr. Rizal Al Idrus, MPH, dalam acara VIVATalk bersama VIVA.co.id, Kamis 26 Oktober 2020

Dijelaskan dokter Rizal, masyarakat bisa mencoba melihat kerusakan pori-pori masker tersebut dengan cara mudah, khususnya jenis masker medis. Tuang air di masker bagian dalam dan lihat bahwa air akan tertampung dengan baik tanpa bocor sedikitpun.

"Coba buang lagi airnya dan semprotkan masker bagian dalam pakai hand sanitizer. Tampung lagi airnya. Pasti akan bocor," jelasnya.

Menurutnya, pori-pori masker yang rusak berisiko besar membuat virus masuk dan terhirup hidung atau mulut. Ia menyarankan, mengganti cairan hand sanitizer berbasis alkohol dengan kandungan HOCl atau Hypochlorous Acid

"Paling aman sampai saat ini bisa disemprot di muka adalah based anolaid HOCl. Bisa untuk obati sariawan, luka, dan biang keringet. Jauh lebih kuat mematikan kuman dibanding alkohol. Sangat aman sekali karena ini dipakai saat flu burung di Hongkong, karena basis alkohol membuat virus bermutasi. Terminum pun sangat-sangat aman," kata dia.

Seperti diketahui, saat ini jumlah kasus COVID-19 masih tinggi. Untuk itu selalu patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#satgascovid19
#pakaimasker
#jagajarak
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu