Seberapa Sering Harus Buang Air Kecil dalam Sehari?

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Buang air kecil atau berkemih menjadi aktivitas yang normal dilakukan oleh manusia. Berkemih merupakan aktivitas untuk mengeluarkan cairan, racun dan zat sisa metabolisme dalam tubuh. 

Namun, pernahkah kamu mengalami kondisi di mana sering berkemih dalam frekuensi berlebih di rentang waktu tertentu? Lantas, sebenarnya berapa kali kita harus buang air kecil dalam sehari?

Spesialis Urologi, dr. Hani A. Hendarto, Sp.U, dalam program Hidup Sehat tvOne menjelaskan, pengisian kandung kemih manusia per 1 jam kira-kira 50cc, atau 1 cc per kilogram berat badan. 

"Asumsinya BB normal 50-60kg sekitar 50cc," kata dia.

Hani melanjutkan, kandung kemih terasa mulai adanya sensasi ingin buang air kecil ketika saluran kemih terisi 100cc. Namun, pada saat itu seseorang masih bisa menahannya. Tapi, kalau sudah terisi di atas 300cc, orang sudah sulit untuk menahannya.

"Otomatis orang berkemih 3-4 jam sekali, tapi itu juga tergantung dengan jumlah konsumsi air minun. Semakin banyak minum semakin banyak kandungan cairan di kandung kemih, dan cairan yang dihasilkan di ginjal semakin banyak," jelas dia.

Maka dari itu, jika ingin berkemih segeralah dan sangat tidak dianjurkan menahan buang air kecil. Karena, berkemih itu mengeluarkan sisa pembuangan metabolisme yang mengandung kuman, dan bakteri. Semakin lama seseorang menahan berkemih maka dia berisiko terkena infeksi saluran kemih.

Jika seseorang mengalami infeksi saluran kencing berat bisa menjadi komplikasi terutama ke ginjal. Selanjutnya, menahan buang air kecil pun bisa membuat seseorang akan mengalami anyang-anyangan, hingga gangguan batu saluran kemih.