Teh Hitam Vs Kopi Hitam: Mana yang Lebih Sehat?

Kopi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Semua penggemar kebugaran menyukai kopi hitam. Disebutkan, bahwa meminum secangkir kopi hitam tepat sebelum pergi ke gym dapat meningkatkan metabolisme. Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi memberi Anda lonjakan energi yang dibutuhkan untuk berolahraga.

Kopi hitam kaya akan berbagai antioksidan, magnesium, dan kalium. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas dan diabetes tipe 2. Satu cangkir kopi hitam mengandung nol kalori.

Dilansir dari Times of India, ada juga yang menyukai mengonsumsi teh hitam. Lalu, mana yang lebih sehat teh hitam atau kopi hitam?

Teh hitam

Teh hitam dan kopi hitam serupa. Namun tidak termasuk kandungan kafeinnya, kopi hitam lebih rendah daripada teh hitam. Teh hitam tidak memiliki lemak jenuh dan meningkatkan kekebalan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hitam secara teratur kehilangan berat badan ekstra. Sementara satu cangkir teh hitam mengandung dua kalori.

Mana yang lebih baik?

Kedua minuman tersebut sehat dan tergantung pada manfaat yang dicari. Jika Anda berolahraga di pagi hari, kopi hitam lebih baik untuk memulai metabolisme dan memberi energi yang dibutuhkan untuk berolahraga di gym.

Namun jika Anda tidak suka mengonsumsi terlalu banyak kafein, teh hitam bisa menjadi pilihan yang baik. Orang yang menderita masalah kecemasan dan hipertensi harus menghindari kopi hitam.

Para ahli menyarankan agar semua orang menghindari minum kopi hitam menjelang larut malam karena dapat mengganggu tidur Anda.