5 Hal yang Menurut Dokter Tidak Boleh Dilakukan Saat Pandemi COVID-19

Bekerja memakai masker.
Sumber :
  • Times of India.

VIVA – Dengan tahun baru yang akan segera tiba, kita semua berharap segalanya menjadi sangat berbeda dari tahun ini. Tapi bagaimana kita tahu jika segalanya akan menjadi lebih baik? Kita semua ingin kembali ke keadaan normal yang lama, bukan? 

Dan sekarang seperti yang kita ketahui tentang virus corona atau COVID-19 ini, jika kita semua tetap bersama, kita pasti dapat mewujudkan hal-hal baik di tahun mendatang.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kita lakukan dan tidak lakukan di 2021 untuk memiliki tahun baru yang indah seperti yang disarankan dokter, dilansir dari Times of India.

Tidak boleh menolak vaksinasi

Photo :
  • U-Report

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai adalah mendapatkan vaksin COVID-19. Anda mungkin takut dan bingung tentang semua yang telah didengar dan baca. Tetapi inilah beberapa poin penting.

- Vaksin adalah metode yang aman dan efektif untuk mengendalikan virus. Dan tidak semua mitos yang Anda dengar itu benar.

- Vaksin adalah satu-satunya cara untuk mengendalikan penyebaran virus. Ketika setidaknya 80 persen orang divaksinasi, itu akan memberikan kekebalan kawanan. Dengan divaksinasi, Anda membantu melindungi orang lain.

- Jika Anda memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang vaksin, bicarakan dengan dokter Anda tentang hal itu. Tapi jangan membuat kesalahan dengan menolak vaksinasi saat kesempatan tiba.

Tidak boleh berhenti memakai masker

Sudah setahun sejak pandemi virus corona melanda hidup kita. Sekarang orang menjadi santai tentang hal itu dan tidak mengikuti aturan dasar seperti memakai topeng atau menjaga jarak sosial.

Tapi sama pentingnya memakai masker sekarang seperti sebelumnya. Meskipun vaksinasi telah dimulai di beberapa bagian dunia, akan membutuhkan banyak waktu bagi setiap orang untuk divaksinasi dan sampai saat itu virus akan terus menyebar. 

Satu-satunya cara untuk mengendalikan virus hingga saat itu adalah dengan mengikuti aturan sederhana mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial. Sudah terbukti berkali-kali bahwa masker efektif dalam mengurangi penyebaran infeksi COVID-19.

Jangan mengira bahwa Anda tidak dapat tertular virus

Photo :
  • VIVA / Adi Suparman

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa Anda masih muda, bugar, dan sehat, sehingga infeksi COVID-19 tidak akan menjadi masalah. Pikiran, siapa pun, tidak peduli usia, jenis kelamin, status kesehatan bisa sangat terinfeksi oleh virus.

Meskipun masih muda, Anda mungkin bisa melawannya dengan lebih baik, tetapi Anda pasti bisa menjadi penyebar dan menjadi risiko bagi orang lain.

Seringkali ketika seseorang tidak memiliki gejala mereka berhenti peduli tentang infeksi. Ini adalah saat orang-orang seperti itu menjadi penyebar luas, sama sekali tidak menyadari apa yang mereka lakukan. Anda dapat menginfeksi orang tua, lemah, lemah atau orang dengan masalah kesehatan lain yang dapat berakibat fatal.

Tidak berhenti menyerah untuk melawan virus

Beberapa dari kita lelah melawan virus dan baru normal. Tapi itu semua tentang sikap positif yang dapat membantu kita melewati masa-masa sulit ini.

Ini bukan waktunya untuk menyerah, tetapi pada kenyataannya, ikuti semuanya dengan lebih baik dan berikan contoh bagi orang lain. Tetap informasikan diri Anda dan patuhi pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Tidak berhenti meningkatkan kekebalan tubuh

Photo :
  • Kredivo

Hal yang menjadi prioritas utama tahun ini adalah kekebalan. Kita semua telah bekerja keras untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar dapat melawan virus corona baru.

Karena akan membutuhkan waktu bagi setiap orang untuk divaksinasi, pilihan terbaik untuk melawan virus adalah menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat. Jadi, tetaplah konsumsi makanan sehat, vitamin, diet sehat dan terakhir tapi tidak kalah pentingnya jangan lupa untuk berolahraga.