Diet dan Olahraga, Mana yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Diet dan olahraga
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Memasuki tahun baru, sejumlah resolusi perlahan mulai dijalankan. Salah satu resolusi yang sering ingin dilaksanakan adalah memiliki berat badan yang ideal. Berbicara berat badan yang ideal tentu diet dan olahraga menjadi kunci untuk penurunan berat badan yang efektif.

Tanpa melakukan keduanya, menurunkan berat badan hanya bisa menjadi mimpi belaka.  Namun dari keduanya, mana yang menurut Anda lebih ampuh dalam hal menurunkan berat badan?

Ada yang mengatakan bahwa apa yang Anda makan berdampak lebih besar pada tubuh dibandingkan dengan menjalankan olahraga. Meskipun tidak berolahraga, Anda dapat dengan mudah mengubah komposisi tubuh dengan makan sehat dan tepat waktu.  

Batasi asupan kalori harian untuk membuat defisit kalori, sertakan lebih banyak protein dalam makanan dan berhati-hatilah dengan asupan karbohidrat dan lemak. Namun, ada baiknya mengikuti langkah-langkah sederhana ini dapat dengan mudah membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kilo.

Semua kalori yang Anda konsumsi berasal dari makanan dan minuman. Jika Anda berolahraga dan gagal mengontrol asupan kalori, berarti hanya sebagian dari kalori yang dikonsumsi akan terbakar.

Tingkat metabolisme basal 60 hingga 80 persen dari total energi yang diproduksi oleh tubuh. Sekitar 10 persen kalori digunakan untuk mencerna makanan yang kita makan yang berarti hanya sekitar 10 hingga 30 persen kalori yang hilang melalui aktivitas fisik.

Dilansir dari laman Times of India, dalam hal menurunkan berat badan, terdiri dari 80 persen nutrisi dan 20 persen olahraga.  Ya, memang Anda bisa menurunkan berat badan hanya dengan berdiet, tetapi olahraga memiliki manfaat kesehatan khusus.  

Pertama-tama, olahraga akan membantu membakar lebih banyak kalori dan akan mempercepat proses penurunan berat badan. Kedua, olahraga akan membantu mengencangkan otot dan membangun massa otot.  

Selain itu, olahraga setiap hari membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mood, dan memperkuat tulang. Bahkan secara umum, jika tidak berniat menurunkan berat badan, Anda harus berolahraga setiap hari selama 30 hingga 40 menit.

Olahraga sangat penting bagi setiap individu untuk membangun kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas. Meskipun diet adalah yang terpenting dalam hal menurunkan berat badan, Anda harus memasukkan beberapa jenis aktivitas fisik dalam rutinitas Anda.

Tidaklah penting untuk mendaftarkan diri Anda ke gym. Bahkan lari sederhana, yoga atau jalan kaki bisa membantu, dan itu semua tergantung pada apa yang membuat nyaman. Satu-satunya hal yang penting adalah konsistensi.  

Selain itu, pola makan dan olahraga, kebiasaan gaya hidup dan pola tidur juga berdampak pada penurunan berat badan. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus mempertimbangkan semua faktor ini.