Ahli: Ini Cara Ampuh Cegah Infeksi COVID-19

Vaksinasi Corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Selama masa pandemi virus corona atau COVID-19, semua orang di seluruh dunia berjuang keras menjaga kesehatan tubuh, agar tidak mudah terinfeksi virus Sars-CoV-2, dengan mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan upaya lainnya untuk menjaga imunitas. 

Selain itu, mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, juga tidak kalah penting. 

Namun, Spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG, mengatakan, ada satu lagi cara ampuh untuk mencegah infeksi COVID-19. Apa itu? 

"Yang selama ini kita bilang kan 3M. Kemudian yang sedang kita tunggu-tunggu adalah vaksin. Kenapa vaksin bisa mencegah? Karena vaksin ini, dengan kita disuntikkan vaksin, itu terbentuk antibodi atau kekebalan," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 6 Januari 2021. 

Profesor Ari lebih jauh menjelaskan, kalau kita sudah kebal dengan virus, jika kita kebetulan kontak dengan orang yang positif menderita COVID-19, kita akan otomatis terlindungi karena kita sudah punya kekebalan di dalam tubuh. 

Menjawab keraguan dan ketakutan banyak orang terhadap vaksin COVID-19 ini, Ari menjelaskan, sebenarnya vaksin bukanlah hal yang baru yang harus dikhawatirkan. 

"Sebenarnya istilah vaksinasi sudah umum, karena bayi baru lahir juga mesti iimunisasi tujuannya ke situ. Cuma memang karena ini vaksin COVID-19, orang kok ngomong ini apa sih? Sebenarnya sama seperti vaksinasi yang dilakukan pada bayi, vaksinasi untuk hepatitis B. Jadi, hal yang biasa," kata Prof. Ari Fahrial Syam.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak