BPOM Beri Izin Edar Darurat, IDI: Vaksin COVID-19 Aman dan Efektif

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan dukungan penuh atas vaksinasi COVID-19 yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal itu menyusul diresmikannya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam konferensi pers virtual, Ketua Umum Pengurus Besar IDI, dr. Daeng M. Faqih menegaskan bahwa pihaknya akan selalu mendukung langkah pemerintah dalam proses pemberantasan pandemi COVID-19. Dengan begitu, IDI akan mendukung apa pun keputusan pemerintah untuk meredakan kasus COVID-19 termasuk melaksanakan vaksinasi.

"Ikatan Dokter Indonesia menyatakan dukungan penuh pelaksanaan vaksinasi yang akan dilakukan," ujarnya, Senin, 11 Januari 2021.

Tak hanya itu, Daeng juga mengimbau agar masyarakat tak perlu lagi meragukan vaksin asal China itu lantaran sudah teruji oleh BPOM. Serta, telah ada fatwa halal yang diberikan oleh pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Prosedur yang sudah dilakukan dengan profesional dan hati-hati, sebuah prosedur keilmuan, dinyatakan bahwa vaksin ini aman dan efektif. Dinyatakan vaksin ini suci dan halal," tuturnya lagi.

Kepala BPOM RI, Penny Lukito sebelumnya telah memberikan penegasan bahwa pihaknya telah memberikan EUA sebagai langkah utama program vaksinasi. Penny juga menjelaskan, vaksin COVID-19 Sinovac itu telah terbukti memiliki efikasi sebesar 65,3 persen pada subjek di Bandung, Jawa Barat.

"Angka efikasi 65,3 persen ini menunjukkan harapan bahwa vaksin Sinovac mampu menurunkan kejadian infeksi hingga 65,3 persen," terangnya.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu