Teh Sereh, Minuman Herbal Ampuh Cegah Kanker dan Penyakit Jantung

Daun sereh.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit jantung tercatat menjadi penyebab utama kematian secara global selama dua puluh tahun. Hal itu berdasakna data terbaru yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Sementara kanker, merupakan penyebab utama kedua. Penyakit tersebut bertanggung jawab atas sekitar sepuluh juta kematian tahun lalu. 

Namun, hal itu bukan berarti tak dapat dicegah. Mengikuti diet sehat memberi perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker.

Memang, tidak ada satu pun makanan atau tanaman yang sesuai untuk mencegahnya dengan pasti. Tetapi, bukti menunjukkan minum teh serah dapat membantu mengurangi risiko itu.

Penyakit jantung

Dikutip dari laman Express UK, manfaat kesehatan jantung dari minum teh serah berasal dari kemampuan tanaman untuk menangkis dua prekursor utama penyakit jantung yakni tekanan darah dan kolesterol tinggi. Dalam sebuah studi observasional, 72 relawan pria diberi teh serah atau teh hijau untuk diminum.

Mereka yang minum teh serah mengalami penurunan tekanan darah sistolik sedang dan peningkatan tekanan darah diastolik ringan. Mereka juga memiliki detak jantung yang jauh lebih rendah. Tekanan darah sistolik dan diastolik adalah dua angka yang digunakan untuk mencatat tekanan darah tinggi

Serah juga telah terbukti mengurangi kolesterol tinggi atau zat berlemak yang dapat menyumbat arteri Anda. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak minyak serai membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

Sifat anti kanker

Kandungan citrus dalam serah juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat melawan beberapa jalur sel kanker. Faktanya, beberapa komponen serah diduga dapat membantu melawan kanker.

Ini terjadi baik dengan menyebabkan kematian sel abnormal secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan Anda sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker dengan sendirinya. Terlebih, teh serah sesekali juga digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi.

Nah, manfaat teh sereh tentunya bisa dialami dengan turut menjaga pola hidup sehat. Serta, menjaga berat badan lebih ideal agar terhindar dari obesitas.