Amankah Vaksinasi untuk Lansia? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi orangtua
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tidak hanya anak-anak saja yang membutuhkan vaksin, orang lanjut usia atau lansia juga perlu mendapatkan vaksinasi. Hal ini lantaran, sistem imunitas tubuh pada orang dengan lanjut usia akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Menurunnya imunitas pada lansia menyebabkan mereka rentan untuk tertular penyakit.

Dengan diberikannya vaksin, dapat membantu lansia mencegah mereka tertular penyakit. Lantas bagaimana penjelasan dokter terkait vaksinasi pada orang lanjut usia atau lansia?

Dalam program Hidup Sehat TV One, Selasa 19 Januari 2021, spesialis penyakit dalam dr. Sukamto Koenoe, SpPD-KAI menjelaskan bahwa vaksinasi wajib diberikan kepada lansia untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya. Sebab, kata dia lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun, sehingga perlu dibantu dengan pemberian vaksin.

"Kita bantu salah satunya dengan vaksin agar terangsang sistem kekebalan tubuhnya. Kita berikan semacam vaksin yang bisa menimbulkan sistem kekebalan tubuh sehingga diharapkan orang tua itu kebal terhadap virus, atau kuman yang ada," kata dia. 

Sukamto melanjutkan dalam sebuah penelitian bahkan menyebut beberapa vaksin seperti influenza yang diberikan kepada orangtua yang menderita penyakit jantung menunjukkan mereka terbukti tidak memberikan dampak yang negatif pada mereka.

"Dalam penelitian, beberapa vaksin seperti influenza disarankan diberikan kepada orang tua yang menderita penyakit jantung. Vaksinasi influenza yang diberikan kepada mereka terbukti bahwa yang tidak menerima vaksin influenza justru lebih tinggi memiliki kejadian serangan jantung yang meningkat," tutur dokter Sukamto Koenoe.

Selain itu, beberapa penyakit seperti cacar ular juga membuat orang lanjut usia atau lansia bisa diberikan vaksinasi herpes zoster. Mengingat cacar ular pada orang tua akan menimbulkan terjadinya komplikasi nyeri berbulan-bulan atau bahkan bertahun meski cacar tersebut telah menghilang. 

"Maka diberikan vaksin itu agar tidak terkena, agar kebal terhadap cacar ular," kata dia. 

Selain, itu dijelaskan Sukamto bahwa tidak ada efek samping yang ditimbulkan jika lansia diberikan vaksin. Sebab, vaksin yang diberikan tentu sudah dipilih sesuai dengan kondisi orang tua tersebut. 

"Secara umum Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bisa terjadi pada orang yang melakukan vaksin.Jadi KI;I bisa ada yang hubungan langsung dengan vaksin yang disebut efek samping, ada juga yang tidak misalnya setelah divaksin dia ketakutan lalu dia pingsan. Kalau orang tua tidak lebih banyak KIPI dibandingkan pada orang muda atau bayi. Jadi orang tua yang divaksin aman karena vaksin yang diberikan sudah dipilih sesuai kondisi orang tua itu," ujar dia.