Obat Tradisional China Ini Diklaim Bisa Obati Gejala Parah COVID-19

Ilustrasi ramuan obat herbal.
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA – Saat COVID-19 terdeteksi pertama kali di Wuhan, China, dunia dilanda panik. Hingga kini, para ilmuwan dan tenaga medis mencari berbagai cara untuk menemukan obat penyakit ini.

Selain pengobatan medis, banyak orang mencari alternatif perawatan dan meningkatkan imunitas dengan ramuan herbal, salah satunya ramuan herbal China.

Sebuah studi terbaru memberikan temuan lain yang mengklaim efetivitas pengobatan China tradisional untuk mengatasi gejala COVID-19.

Dikutip dari laman Times of India, Senin 25 Januari 2021, sejumlah ahli di Guangzhou University of Chinese Medicine dan Yunnan University of Chinese Medicine bersama-sama menguji dan mengevaluasi peranan pengobatan China tradisional ini yang disebut dengan bubuk Yingqiao dalam mengobati gejala parah COVID-19.

Penelitian yang dipublikasi di Phytotherapy Research menggarisbawahi berbagai cara dari pengobatan tradisional China dalam membantu mencegah dan mengobati penyakit menular.

Bubuk Yingqiao adalah sebuah formula dari berbagai bahan obat yang membantu menyembuhkan penyakit pernapasan akut, cedera paru-paru, fibrosis paru-paru dan juga bisa meningkatkan respons imun terhadap virus. Bubuk ini beraroma dan terasa pahit.

Pasien yang mengalami infeksi pernapasan dengan gejala demam, sakit kepala, radang tenggorokan, dan hampir semua gejala COVID-19 nampaknya bisa diobati dengan obat tradisional ini.

Bahan kunci dalam obat tradisional ini diidentifikasi dengan bantuan rutin dan hesperidin, cairan kromatografi bertekanan tinggi, yakni sebuah teknik kimia analisi yang digunakan untuk memisahkan, mengidentifikasi dan menentukan jumlah setiap komponen dalam sebuah campuran.

Menurut studi tersebut, bahan aktif dalam bubuk Yingqiao adalah luteolin, eriodictyol, quercetin dan naringenin, di samping bahan lainnya, yang dapat membantu melawan virus mematikan.

Para ilmuwan menggunakan serangkaian teknik untuk menganalisa bahan aktif, target dan mekanisme yang mungkin dimiliki bubuk Yingqiao dalam mengobati COVID-19.

Penulis penelitian telah mengenalkan beragam cara yang bisa membantu bubuk ini mengobati COVID-19, di mana TNF memberikan sinyal jalur, reseptor seperti Toll memberikan sinyal jalur, reseptor T-cell memberikan sinyal jalur, dan MPAK memberikan sinyal jalur adalah beberapa mekanisme potensial.