Jalani Gaya Hidup Seperti Ini, Gejala COVID-19 Makin Parah

Kanker paru-paru
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Virus SARS-CoV-2 penyebab infeksi COVID memiliki reputasi yang tidak dapat diprediksi. Dari yang sangat parah hingga tanpa gejala sama sekali, virus telah memengaruhi orang secara berbeda. 

Sementara beberapa orang dirawat di rumah sakit karena parahnya kondisi mereka, ada orang lain yang tidak menunjukkan gejala - dan bahkan mungkin tidak tahu tentang infeksinya.

Para ilmuwan telah berusaha keras untuk mencari tahu apa yang membuat orang jatuh pada sisi skala yang berbeda. Dan ternyata, ada beberapa kelompok yang lebih berisiko terserang penyakit parah akibat COVID-19. 

Dari orangtua hingga orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, para ilmuwan menemukan ada kelompok lain yang berisiko mengalami komplikasi serius.

Menurut sebuah penelitian baru, perokok bahkan lebih rentan terhadap COVID-19. Penelitian tersebut dilakukan oleh King's College London dan dipublikasikan di jurnal Thorax dilansir dari Times of India. 

Penelitian memeriksa data dari Maret hingga April yang mencakup 2,4 juta orang. Dari jumlah tersebut, 11 persen orang adalah perokok. Berdasarkan analisis penelitian, perokok 14 persen lebih berisiko mengembangkan gejala COVID-19 yang umum. 

Orang-orang ini 29 persen lebih mungkin melaporkan lebih dari lima gejala dan 50 persen lebih mungkin melaporkan lebih dari 10 gejala. Semua temuan ini dengan jelas menunjukkan bahwa perokok lebih berisiko menderita berbagai gejala COVID-19 dibandingkan non-perokok.

Berdasarkan penelitian, perokok dua kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit daripada bukan perokok dan membutuhkan perawatan ICU dan ventilasi mekanis. Orang-orang ini bahkan mungkin menghadapi masalah pernapasan jangka panjang, batuk dan sesak napas bahkan setelah sembuh dari infeksi.

Bagaimana merokok membuat berisiko tertular COVID-19?

Bukan hanya satu, berbagai penelitian menemukan bukti bahwa perokok berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19. Sebuah studi yang dilakukan pada November di University of California, Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa paparan asap rokok langsung meningkatkan jumlah sel yang terinfeksi COVID-19 dan asap juga mengurangi respons imun saat menghadapi infeksi COVID-19.

Merokok menciptakan lubang di saluran udara. Hal ini mengurangi pertahanan alami yang memungkinkan virus untuk mengaturnya.

Merokok melemahkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit pernapasan

Perokok tidak hanya rentan terhadap COVID-19 tetapi lebih banyak penyakit pernapasan. Ini karena merokok menghancurkan silia di paru-paru Anda yang merupakan struktur seperti rambut kecil yang menjebak virus dan zat asing yang menyapu mereka keluar dari saluran udara.

Merokok membuat Anda menghasilkan lebih banyak lendir, yang menyulitkan paru-paru untuk mengeluarkan lendir karena silia yang rusak. Efek merokok ini meningkatkan risiko perokok terkena berbagai penyakit pernapasan.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu