Begini Cara Terbaik Mengonsumsi Buah-buahan

Jus buah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Jus buah umumnya dianggap sehat dan sangat sering dikonsumsi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Tetapi akan menarik untuk mempertimbangkan bahwa jus buah mengandung gula yang tinggi yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi dan lonjakan insulin yang mengakibatkan peningkatan persentase lemak dalam tubuh dan penambahan berat badan.

Jus buah terkadang juga dianggap dalam spektrum soda manis karena tinggi gula juga. Ahli Gizi & Gaya Hidup Karishma Chawla yang dikutip dari Times of India menyatakan jus buah sering dikonsumsi dalam pola makan mentah di musim panas di mana tubuh lebih menyukai makanan yang lebih dingin seperti buah-buahan, smoothie, dan salad. 

"Karena itu, penekanannya pada makanan yang sehat dan menambah kesehatan daripada memanjakan diri dengan jus buah yang tinggi gula yang jelas mengesampingkan manfaat nutrisi dari buah itu sendiri, " ujarnya.

Disebutkan bahwa jus buah dapat dikonsumsi setelah olahraga berat untuk mengisi kembali tubuh dengan nutrisi yang diperlukan dan gula alami seperti setelah sesi latihan beban berat atau setelah lari maraton atau olahraga intensitas tinggi lainnya.

Chawla pun  membagikan cara terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan:

- Buah-buahan paling baik dikonsumsi utuh daripada jus buah. Buah utuh kaya serat dan tidak menyebabkan kadar gula darah tinggi atau lonjakan insulin.

- Waktu terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan adalah di paruh pertama hari. Jadi mungkin untuk memulainya adalah berhenti makan buah-buahan katakan pada jam 4 sore, kemudian mendekati jam 2 siang dan hal yang ideal adalah menghabiskannya pada jam 12 siang.

- Buah-buahan harus dihindari untuk dimakan saat makan karena akan mengakibatkan peningkatan lebih lanjut dalam kadar gula darah yang meningkatkan penambahan berat badan. Juga makanan yang dimakan saat makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan.

- Buah-buahan dapat dikonsumsi sebagai bagian dari smoothie nabati untuk menambah gula alami ke dalam minuman dan juga membantu mendetoksifikasi hati dan mengeluarkan racun dari tubuh. Misalnya smoothie yang terbuat dari bayam dengan apel, jeruk atau beri beri dengan jahe dan sedikit garam.

- Buah-buahan bisa dimakan sebagai salad buah dengan bumbu, bumbu dan garam.

- Dapat menggabungkan buah-buahan sebagai mid filler di pagi hari dengan kacang-kacangan sehat seperti almond dan walnut atau sumber protein seperti telur

- Buah adalah struktur bantalan benih yang terbentuk dari ovarium setelah berbunga. Mereka umumnya berdaging dan dihargai tinggi karena rasa, rasa, kesegaran, kesegaran, warna, tekstur dan nutrisinya yang khas. Mereka dianggap sangat sehat dan digunakan untuk penyakit. Ini dikaitkan dengan adanya banyak fitokimia dan senyawa bioaktif lainnya.

Sebaiknya rutin mengonsumsi buah-buahan berserat tinggi yang rendah gula seperti apel, pir, jeruk, manis, jambu biji, pepaya, persik, prem. Batasi konsumsi buah-buahan bergula tinggi seperti pisang, mangga, ayam, anggur dan lainnya menjadi dua kali seminggu.