Apakah Varian Baru COVID-19 Bikin Vaksin Tak Efektif, Ini Kata Ahli

Vaksinasi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sudah lebih dari beberapa bulan sejak kampanye vaksinasi COVID-19 dimulai di seluruh dunia. Sayangnya, pada saat itulah banyak strain baru COVID-19 yang ganas, yang diduga berasal dari Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil muncul.

Varian COVID-19 yang lebih baru dikatakan menghadirkan gejala yang berbeda dan meluncurkan serangan dengan cara yang berbeda. Mereka dikatakan lebih menular dan menular daripada strain aslinya. Sejumlah penelitian yang lebih baru juga menunjukkan bukti lain yang mengejutkan - jenis virus dapat meredupkan kemanjuran vaksin. 

Di saat banyak yang meragukan keamanan dan kemampuan kerja vaksin COVID-19 yang digunakan secara ambisius saat ini, apakah vaksin tersebut cukup efektif untuk melawan strain virus baru? Apakah aman untuk digunakan di masa mendatang?

Seperti diketahui saat ini, penyebaran tiga mutasi baru COVID-19 telah memicu kekhawatiran secara global. Kasus pertama muncul dari Inggris dan sekarang, lonjakan kasus juga disaksikan di New York. Lebih dekat ke rumah, kasus telah dilacak di Maharashtra dan Kerala baru-baru ini, dikutip dari Times of India.

Photo :
  • dw

Mutasi baru, terutama variasi Kent dikatakan setidaknya 50 kali lebih menular, menyebabkan peningkatan kasus yang dilaporkan di antara orang muda dan sehat. Beberapa juga telah menandai kekhawatiran bahwa varian tersebut juga dapat melancarkan serangan parah, yang mungkin memerlukan rawat inap.

Sementara negara-negara di seluruh dunia mengalami lonjakan kasus yang berulang, apakah itu terkait atau tidak dengan penemuan strain dan variasi yang lebih baru, belum dapat ditetapkan secara klinis.

Apakah vaksin bekerja melawan mutasi?

Photo :
  • Times of India

Dari perspektif umum, vaksin biasanya dikembangkan untuk mengatasi mutasi atau vaksin apa pun dan oleh karena itu, sebagian besar aman untuk digunakan.

Karena virus, seperti halnya patogen lain yang diketahui bermutasi, kebanyakan vaksin yang dikembangkan setelah penelitian klinis yang berkepanjangan diketahui bekerja melawan semua varian dengan cara yang baik. Beberapa vaksin, seperti vaksin flu juga memerlukan pembaruan tahunan untuk mengatasi setiap perubahan pada virus influenza.

Namun, dengan pandemi COVID-19, di mana vaksin telah diluncurkan untuk digunakan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, ini menjadi lebih rumit. Sederhananya, kami tidak memiliki jawaban yang kredibel saat ini.

Tidak hanya vaksin diluncurkan lebih cepat dari sebelumnya, tetapi kami juga tidak memiliki cukup bukti yang tersedia untuk mendukung atau menyangkal masalah tersebut, apakah vaksin dapat bekerja atau tidak.

Cara kerja vaksin adalah dengan membangun antibodi yang memblokir serangan di masa depan oleh patogen tersebut. Dari apa yang terlihat sekarang, varian baru memiliki kecenderungan untuk menyerang tubuh dengan lebih mudah, melewati beberapa reseptor imun, yang berarti bahwa mereka mungkin dapat memblokir beberapa respons antibodi.

Penelitian terkini yang dilakukan dengan menggunakan model vaksin Moderna menemukan bahwa orang menunjukkan respons antibodi lebih lambat dibandingkan dengan strain yang lebih tua. Moderna juga memulai studi klinis dari vaksin yang baru dikembangkan untuk menguji kemanjurannya terhadap strain Afrika Selatan yang baru.

Hal yang sama juga telah diamati dengan vaksin Pfizer. Varian baru dapat menurunkan tingkat kemanjuran, dan karenanya, mungkin tidak bekerja seefektif seperti yang kita inginkan.

Penelitian sedang berlangsung untuk pengembang vaksin lainnya, termasuk Oxford-Astrazeneca, Bharat Biotech dan Cansino, semuanya sedang didorong untuk digunakan sekarang. Vaksin satu dosis Johnson dan Johnson, yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan juga sedang didorong untuk dipelajari lagi.

Harus mendapatkan suntikan vaksin

Photo :
  • Times of India

Tingkat kemanjuran atau respons antibodi yang lebih rendah mungkin tampak buruk, tetapi para ahli tidak khawatir. Menurut Dr Randeep Guleria, AIIMS Delhi, varian dan mutasi dapat menurunkan tingkat kemanjuran, tetapi tidak akan menghalangi kerja vaksin secara total.

"Ada dua hal. Salah satunya adalah keampuhan vaksin dalam mencegah penyakit serius dan kematian. Saya dapat mengatakan bahwa vaksin pasti akan mencegah penyakit serius dan oleh karena itu menurunkan kematian sejauh yang menjadi perhatian strain baru. Sejauh khasiat merupakan perhatian. , orang dapat berargumen bahwa jika Anda mengalami ketegangan, efisiensi secara teoritis mungkin turun sedikit tetapi kami memiliki penyangga yang baik," tuturnya.

Para dokter dan peneliti di belahan dunia di mana fase awal penggerak inokulasi telah selesai juga telah menyaksikan data kehidupan nyata untuk mendukung kerja vaksin. Oleh karena itu, kita harus menaruh kepercayaan pada vaksin dalam perang global melawan virus corona baru, yang telah merenggut banyak nyawa.

Vaksin yang digunakan saat ini telah dirancang untuk menurunkan transmisi, risiko keparahan. Apakah orang yang divaksinasi dapat tertular COVID-19 lagi atau tidak, masih dalam penelitian.

Pada saat yang sama, ada juga peneliti yang sedang berkembang yang mengklaim bahwa galur baru dapat meningkatkan risiko infeksi ulang. Oleh karena itu, orang tidak boleh terlalu khawatir dan tetap melakukan semua tindakan pencegahan dengan rajin