Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Jangan Asal Pijat, Ini Langkah Atasi Cedera Usai Olahraga

Minggu, 28 Februari 2021 | 08:00 WIB
Foto :
  • Freepik/master1305
Ilustrasi olahraga/lari.

VIVA – Cedera usai berolahraga kerap dijumpai dan dialami oleh sebagian besar masyarakat. Kendati demikian, banyak yang langsung melakukan pemijatan usai mengalami cedera yang ternyata dapat memperparah, lho.

Siapa pun dapat mengalami cedera usai berolahraga. Untuk menanganinya, banyak yang salah langkah dengan langsung melakukan pemijatan. Padahal, memijat di area cedera sebaiknya dihindari, khususnya di awal cedera terjadi lantaran dapat meningkatkan perdarahan hingga bengkak.

Baca Juga

"Penderita cedera jangan dipijit karena itu akan menambah perdarahan dan pembengkakan apalagi kalau tiga hari pertama, itu akan makin jadi bengkaknya," ujar Dokter Spesialis Orthopedi,  dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K), dalam acara virtual bertajuk "Olahraga Optimal Bebas Cedera", digagas oleh RS Pondok Indah, beberapa waktu lalu.

Perdarahan dan bengkak itu, kata dokter subspesialis bidang Sports Injury dan Arthroskopi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dapat makin memperparah cedera. Untuk itu, Dokter Andi menyarankan agar segera menghentikan olahraga saat cedera terjadi. Selanjutnya, istirahatkan bagian tubuh yang cedera serta tak memberi beban yang berat.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler