Jatuh di Kamar Mandi Berakibat Fatal, Ini Alasannya Menurut Ahli

Ilustrasi kamar mandi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pernahkah kamu mendengar bahwa ada seseorang yang meninggal dunia akibat terjatuh di kamar mandi? Ya, fenomena ini bahkan sudah sering terjadi. Dan bahayanya tidak main-main, mulai dari kelumpuhan hingga yang paling fatal adalah kematian.

Jatuh di kamar mandi memang tidak bisa dianggap sepele. Spesialis Saraf, dr. Zicky Yombana, SpS, bahkan menekankan bahwa jatuh di kamar dapat berakibat fatal, bukanlah sebuah mitos.

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, dokter Zicky turut mengungkap beberapa alasan mengapa seseorang yang terjatuh di kamar mandi bisa berakibat fatal. Apa saja?

"Pertama, kamar mandi relatif lebih kecil dan banyak barang-barang yang keras, seperti wastafel, kloset. Yang apabila kita terjatuh risiko terbenturnya cukup besar," ujarnya di studio tvOne, Selasa, 2 Maret 2021.

Lebih lanjut, Zicky menjelaskan, jika terjadi benturan terhadap benda-benda keras seperti yang disebutkan di atas, maka otomatis dapat terjadi perdarahan otak yang berakibat fatal.

"Yang kedua, biasanya orang-orang yang ditemukan jatuh di kamar mandi itu saat di pagi hari. Sebetulnya bukan gara-gara kamar mandinya tapi pagi hari itu muncul serangan stroke paling sering. Yaitu, stroke sumbatan atau trombosis," kata dia.

Jadi, menurut Zicky, karena ada perubahan tekanan darah, hal tersebut akan menyebabkan gumpalan tersebut lepas kemudian lari ke otak. Hal ini berakibat, jika sebelumnya penderitanya bisa berdiri dengan dua kaki, tiba-tiba jadi lemas sebelah, kemudian terjatuh.

Masih dalam tayangan yang sama, dokter Zicky turut meluruskan mitos yang beredar di masyarakat terkait hubungan antara stroke dengan jatuh di kamar mandi.

"Harus disamakan dulu persepsinya, bukan jatuh di kamar mandi bikin stroke, tapi dia stroke dulu baru jatuh di kamar mandi," tutup dr. Zicky Yombana.