Mau Divaksin COVID-19, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Vaksinasi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Jutaan orang di dunia telah menerima vaksin virus corona atau COVID-19. Meskipun tidak ada kasus efek samping pada siapa pun, beberapa penerima melaporkan beberapa efek samping atau penyakit ringan.

Sejumlah besar ahli telah menggarisbawahi bahwa ini diharapkan dalam sejumlah kecil kasus - dan ini tidak boleh menghalangi orang untuk mengambil gambar.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui, dan beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan sebelum mendapatkan vaksinasi dikutip dari indianaexpress.

Sebelum vaksinasi

- Jika seseorang memiliki alergi terhadap obat-obatan, atau obat-obatan, penting untuk mendapatkan persetujuan dari praktisi medis. Tingkat hitung darah lengkap (CBC), C-reactive protein (CRP), atau Immunoglobulin-E (IgE) dapat diperiksa dengan nasihat medis.

- Seseorang harus makan dengan baik dan minum obat, jika diresepkan, sebelum vaksinasi. Anda harus mencoba untuk menjadi sesantai mungkin; konseling dapat membantu orang yang merasa cemas.

- Penderita diabetes atau tekanan darah perlu memeriksakannya. Pasien kanker, terutama mereka yang menjalani kemoterapi, harus mendapat  saran medis.

- Orang yang telah menerima plasma darah atau antibodi monoklonal sebagai bagian dari pengobatan COVID-19, atau mereka yang telah terinfeksi dalam satu setengah bulan terakhir disarankan untuk tidak menggunakan vaksin ini sekarang.

- Penerima vaksin dimonitor di pusat vaksin itu sendiri untuk mencegah terjadinya reaksi alergi parah yang langsung terjadi. Orang diperbolehkan pergi hanya setelah dipastikan bahwa bukan itu masalahnya.

- Efek samping seperti nyeri di tempat suntikan dan demam sering terjadi. Ini bukan alasan untuk panik. Beberapa efek samping lain seperti menggigil dan kelelahan mungkin juga diharapkan, tetapi ini akan hilang dalam beberapa hari.

Vaksin mengajarkan sistem kekebalan kita bagaimana mengenali dan melawan ancaman eksternal - dalam hal ini, virus yang menyebabkan COVID-19. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu setelah vaksinasi bagi tubuh untuk membangun perlindungan (kekebalan) terhadap virus.

Artinya, seseorang masih dapat tertular COVID-19 dalam beberapa hari setelah vaksinasi, karena orang tersebut tidak mempunyai cukup waktu untuk mengembangkan kekebalan.

Oleh karena itu, tindakan pencegahan dasar harus diikuti bahkan setelah vaksinasi. Masker wajah, kebersihan tangan, dan jarak fisik di tempat umum tidak boleh ditinggalkan begitu saja karena sudah ada vaksinnya. Etika batuk / bersin juga perlu diikuti.