Amankah Berhubungan Seks Setelah Menerima Vaksin COVID-19

Hubungan seks
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ada banyak perdebatan tentang dosis dan apa yang harus diikuti setelah mendapatkan dosis vaksin COVID-19. Media sosial akhir-akhir ini ramai dengan pertanyaan tentang apakah seseorang dapat berhubungan seks setelah mendapatkan vaksin COVID-19.

Bahkan para ahli medis menyarankan agar pria dan wanita harus menggunakan kontrasepsi setelah menerima dosis kedua.

“SARS-CoV2 adalah virus baru dan vaksin yang dikembangkan untuk menetralkannya. Namun, terlalu dini untuk mengatakan apakah ada efek samping jangka panjang dari vaksin dan apakah itu mempengaruhi pria dan wanita jika mereka berhubungan. Pantang berhubungan seks mungkin tidak selalu memungkinkan bagi orang yang diinokulasi,” kata Dr Deepak Verma, penyakit dalam, Rumah Sakit Columbia Asia, Ghaziabad, dikutip dari indianexpress.com.

Dokter, bagaimanapun, menekankan bahwa dalam situasi saat ini, “pencegahan adalah pengamanan terbaik”. “Pria dan wanita disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom minimal dua hingga tiga minggu setelah menerima dosis kedua. Ini karena saat berhubungan seks cairan tubuh bersentuhan. "

Photo :
  • Times of India

Dr Deepak Verma menambahkan, "Karena kita tidak tahu bagaimana vaksin berdampak pada kita, menggunakan kondom akan menjadi pencegahan terbaik dan paling hemat biaya." 

Dia juga menyarankan agar wanita yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin harus berkonsultasi dengan ginekolog sebelum mendapatkan vaksinasi.