#TanyaDokter: Keluar Flek Usai Bercinta - Nyeri Selangkangan Pas Hamil

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Hamil merupakan proses panjang yang harus dilalui wanita ketika sebelum melahirkan bayi. Proses kehamilan ini harus dilalui selama sembilan bulan atau lebih, dimana seorang calon ibu membawa embrio dan janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya.

Namun, di tengah proses kehamilan, banyak keluhan bisa saja dirasakan oleh ibu hamil. Seperti apa keluhan wanita hamil? 

Lewat rubrik #TanyaDokter di laman VIVA, ada sejumlah pertanyaan dan keluhan para ibu hamil yang terpilih untuk dijawab oleh pakarnya. Bersama Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Muhammad Fadli, Sp.OG, keluhan ibu hamil di jawab. Berikut permbahasannya.

Sering nyeri di selangkangan pada trimester ketiga apakah berbahaya? Faktor apa yang bisa menyebabkan hal tersebut?

Keluhan tersering pada trimester ketiga adalah nyeri di daerah pinggang sampai daerah selangkangan atau dikenal sebagai pelvic girdle pain. Hal ini disebabkan oleh regangan pada rahim, penekanan pada saraf daerah pelvis atau kepala janin memasuki pintu atas pelvis. Nyeri pelvis ini dapat diredakan dengan melakukan olah raga ringan dan stretching berkala.

Amankah bagi ibu hamil melakukan latihan angkat beban untuk lengan? Karena begitu selesai saya selalu merasa pusing, apakah ada bahayanya melakukannya saat sedang hamil?

Olahraga selama kehamilan snagat dianjurkan dan terbukti menurunkan risiko diabetes gestasional. Namun demikian olahraga sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terlebih dahulu. Olahraga dengan risiko terjatuh atau terbentur di daerah perut sebaiknya tidak dilakukan selama hamil. Selain itu, olahraga angkat beban dapat meningkatkan tekanan pada rongga perut di mana dapat meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran pematur terutama dengan beban di atas 20 kilogram. Pengangkatan beban dengan cara terlentang juga tidak dianjurkan karena dapat menekan pembuluh darah besar.

Sedang program hamil, tapi selalu muncul flek coklat pascaberhubungan, bahkan bisa langsung haid. Kira-kira apapenyebabnya ya, Dok?

Post-coital bleeding atau muncul flek cokelat setelah berhubungan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mencari penyebabnya. Post-coital bleeding dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain polip, miom, hingga keganasan/kanker.

Photo :
  • Dokumentasi RSPI

Narasumber: Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Muhammad Fadli, Sp.OG