#TanyaDokter: Reaksi Tubuh Trimester I Kehamilan dan Bahayakah Durian?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Hamil, adalah proses yangharus dilalui seorang wanita ketika henda memiliki bayi. Dalam proses kehamilan, ada banyak hal yang dikeluhkan para wanita. Mulai dari usia kehamilan trimester pertama hingga trimester ketiga.

Namun perlu diingat, orang hamil bukanlah orang yang sakit. Dan tetap melakukan aktivitas normal, tapi tetap harus dijaga hingga rutin melakukan pemeriksaan dan cek kehamilan ke dokter agar kondisi kehamilan bisa terpantau. 

Sejumlah keluhan, memang sering ditanyakan pada ibu hamil. Lewat rubrik #TanyaDokter, pertanyaan terkait reaksi tubuh ketika hamil di usia trimester pertama, hingga masalah penyakit maag yang diderita ibu hamil, dan juga, bolehkah makan durian saat hamil? Penasaran mau tahu jawabannya? 

Bersama narasumber Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp.OG, berikut jawabanya.

Photo :
  • Dokumentasi RSPI

1.Apa saja reaksi badan yang normal terjadi ketika trimester pertama kehamilan?

Gejala yang biasakan dirasakan ketika masa awal kehamilan antara lain: pusing, lemas, mual, muntah, kadang sakit kepala, sering buang air kecil, dan ada rasa seperti mau menstruasi.

2.Mual dan nyeri usia kandungan 6 bulan, ada riwayat penyakit maag, bagaimana solusi mengatasinya?

Riwayat penyakit maag pada ibu hamil memang dapat memperparah kondisi mual yang biasa terjadi pada ibu hamil. Hal tersebut dapat disiasati dengan membiasakan mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit-sedikit tetapi sering. Pilih makanan yang tidak merangsang asam lambung, seperti makanan pedas, makanan berminyak, atau makanan berlemak. 

Apabila belum dapat teratasi, ibu hamil dapat menggunakan obat-obatan yang aman untuk kehamilan, baik dari jenis obat cair, tablet, atau injeksi. Konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya.

3.Ada yang bilang saat hamil tidak boleh makan durian. Tapi ada yang membolehkan asal sedikit. Mana yang benar? Apa bahayanya mengkonsumsi durian saat hamil?

Durian sebenarnya tidak berbahaya untuk kehamilan asal dikonsumsi dalam jumlah kecil. Hindari memakan buah durian jika sudah berfermentasi seperti rasa tape beralkohol.