Ketahui Kapan Pasien COVID-19 yang Baru Pulih Harus Divaksinasi

Vaksin
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Lonjakan mendadak dalam kasus COVID-19 hanya dapat ditangani secara efektif ketika semua orang mendapat suntikan vaksin. Upaya vaksinasi untuk orang yang berusia antara 18-45 tahun baru-baru ini terbuka dan mendapatkan vaksinasi secepat mungkin tampaknya satu-satunya jalan keluar untuk menangani pandemi dan meningkatnya kasus infeksi.

Saat Anda divaksinasi, tubuh Anda menciptakan antibodi yang memungkinkannya memperoleh kekebalan terhadap virus corona baru. Tapi apa yang terjadi jika Anda mendapat suntikan setelah tertular infeksi? 

Ada banyak pertanyaan yang diajukan pasien COVID-19 yang baru pulih tentang vaksinasi. Baca terus untuk mengetahui kapan Anda harus divaksinasi setelah sembuh dari infeksi, dikutip dari Pinkvilla.

1. Saat ini, semua vaksin coronavirus yang disetujui lebih dari 80 persen efektif dan sangat menjanjikan dalam meminimalkan gejala, keparahan, kematian, serta waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan. 

Bahkan jika ada kemungkinan untuk terinfeksi kembali, mendapatkan vaksinasi akan membantu mengurangi risiko tertularnya dan akan meningkatkan perlindungan dan kekebalan.

2. Orang-orang yang telah dites positif COVID-19 atau baru saja pulih, mungkin memiliki pilihan untuk menunda vaksinasi mereka hingga beberapa minggu karena infeksi sebelumnya dengan virus corona memberi seseorang kekebalan alami hingga waktu tertentu.

Photo :
  • Times of India

3. Menurut penelitian, seseorang yang pernah terjangkit COVID-19 mendapat kekebalan alami, yang levelnya bergantung pada tingkat keparahan, riwayat infeksi, dan penyakit kronis. Oleh karena itu, orang yang pernah mengalami COVID-19 dianjurkan untuk divaksinasi setelah 2-8 minggu terinfeksi. .

4. Seseorang tidak boleh divaksinasi kecuali dan sampai dia sembuh total dari infeksi karena mengunjungi tempat vaksinasi juga dapat memicu penyebaran infeksi ke orang lain. 

Disarankan bahwa jika seseorang tertular infeksi setelah mendapat dosis pertama, maka mereka harus mengamati periode istirahat 2 minggu dan mengacu pada jadwal pemberian dosis yang disebutkan sesuai vaksin.

5. Sangat dianjurkan bagi setiap orang untuk mendapatkan kedua dosis vaksin tersebut. Beberapa percaya bahwa karena mereka menderita COVID-19, mereka hanya memerlukan satu dosis vaksin, tetapi ini tidak sepenuhnya benar.