Dr Zaidul Akbar: Lakukan Ini Jika Terkena COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Menjaga imunitas sangat penting untuk pencegahan dan mengobati COVID-19. Hal itu pula yang disarankan oleh dokter sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar untuk melawan COVID-19. Lalu, bagaimana cara meningkatkan imunitas agar cepat terbebas dari COVID-19? 

"Salah satu yang saya sarankan dalam peningkatan imunitas COVID-19 seperti ini adalah prebiotik. Sekarang udah banyak kok yang menjualnya, itu yang pertama," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @yukbelajarjsr, dikutip VIVA, Senin 21 Juni 2021. 

Kemudian yang kedua, jika timbul gejala sakit kepala saat terinfeksi COVID-19, dokter Zaidul turut mengungkapkan beberapa penyebab serta solusinya. 

"Yang kedua, pusing itu sebabnya banyak, bisa juga karena kurang air, bisa juga karena kurang gula. Maka solusinya apa? Kita tambahkan air ke badan kita," tandas dia. 

"Cuma memang kadang-kadang banyak orang yang lagi kondisi-kondisi sakit seperti ini gak bisa minum air banyak. Maka solusi saya adalah, Anda coba sering minum air madu yang dikasih garam sedikit. Gak usah banyak-banyak, sekali minum 200 ml, 150 cc juga boleh. Itu sering-sering diminum. Kalau sehari minum 6x udah cukup banyak yang diminum, sehingga nanti pusingnya bisa hilang," sambung dia. 

Namun, Zaidul mengingatkan bahwa herbal-herbal tersebut tidak akan banyak berpengaruh jika nutrisi dan antibodi kita tidak kuat. Lalu, apa yang harus dilakukan? 

"Maka, saran saya coba ditingkatkan asupan makannya. Makan apa aja yang bisa dimakan, makan sehat pastinya. Atau dicoba dengan biasanya makanan yang mengundang nafsu makan itu makanan berempah yang ada di Padang (nasi Padang). Tapi saran saya jangan santan," ungkap dia. 

Ketimbang makanan bersantan, penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu menyarankan untuk membuat sup yang kaya akan rempah. Misalnya, kamu bisa menambahkan cengkeh, kayu manis, atau rempah lainnya. Kemudian konsumsi sup beserta kuahnya. 

"Atau makanan-makanan yang lunak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan lambung. Seperti alpukat, pisang, kurma. Atau mungkin kalau mau coba, labu dikukus, dibuang kulitnya, lalu diblender sama kurma. Itu juga sangat baik untuk menguatkan nutrisi lambung," kata dia. 

Jika setelah mencoba cara-cara tersebut namun COVID-19 yang kamu derita belum juga sembuh, ini yang dokter Zaidul sarankan. 

"Kalau memang belum sembuh ya bersabar. Insya Allah, pasti Allah kasih kesembuhan. Dan jangan panik. Itu saja pesan saya. Karena bahwa keseimbangan bakteri dalam tubuh kita itu bisa tidak seimbang lagi kalau seandainya orang itu cemas atau stres. Jadi, jangan stres," pungkas dr. Zaidul Akbar.