Jurus Sehat, Mandi Air Rebusan Sereh Efeknya Mengejutkan

Ilustrasi daun sereh.
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA – Serai atau lebih dikenal dengan sereh, biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Aromanya yang khas membuat herbal satu ini kian digemari untuk menambah cita rasa pada masakan.

Selain itu, sereh juga kerap dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis ketika akan mengolah ikan atau ayam. Tapi siapa sangka, ternyata sereh juga bisa digunakan untuk mandi lho. 

Ya, umumnya orang-orang mandi dengan menggunakan sabun air biasa. Tapi, pernahkah kamu mencoba sensasi mandi dengan menggunakan air rebusan sereh, yang sangat bermanfaat? 

Mengutip sebuah unggahan di Instagram, manfaat yang akan didapat tubuh setelah mandi dengan air rebusan sereh juga tidak main-main. Mandi dengan air rebusan sereh memang terdengar kurang umum, tapi nyatanya kini banyak produk aromaterapi berbahan sereh.

"Diketahui aroma serai bisa merelaksasi pikiran dan badan. Dalam batang serai diketahui terdapat kandungan vitamin dan mineral. Tak hanya itu serai juga mengandung berbagai zat seperti magnesium, potasium, fosfor, hingga antioksidan," tulis akun @jurussehatrasulullah_ di Instagram, dikutip VIVA, Selasa 22 Juni 2021.

Lalu, bagaimana cara menggunakan sereh untuk mandi? 

"Cara yang harus Anda lakukan cukup dengan merebus dua batang serai dengan 4 liter air. Kemudian kita bisa menggunakan air rebusan serai tersebut untuk mandi. Ketika badan mulai lunglai adalah waktu yang tepat untuk mandi air serai," kata dia. 

Lebih lanjut, akun tersebut memaparkan manfaat apa saja yang didapat jika mandi dengan air rebusan sereh. Berikut di antaranya. 

- Membersihkan kotoran atau bakteri
- Mencerahkan dan melembutkan kulit
- Meredakan sakit otot atau nyeri sendi
- Meredakan gejala batuk, demam, hingga flu
- Mencegah darah tinggi.