6 Benda di Dapur Ini Sarang Kuman dan Bakteri

Peralatan dapur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dapur menjadi salah satu lokasi yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Di tempat ini, mereka dapat melakukan sejumlah hal yang menyenangkan misalnya saja memasak makanan, atau membuat kue.

Namun, perlu diperhatikan, untuk membersihkan semua alat dapur secara rutin. Mengapa? sebab jika tidak barang-barang tersebut bisa menjadi tempat perkembangan kuman dan bakteri.

Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini penjelasan dari Magister kedokteran kerja,dr. Ririn Farabu, MKK dalam program Hidup Sehat TvOne, Jumat 25 Juni 2021.

Lap tangan

Lap tangan bisa menjadi sarang kuman, jika digunakan berkali dan tidak diganti.

"Setiap hari harus digunakan, harus keadaan kering, kalau basah pertumbuhan kuman. Basah dan kotor harus diganti. Jadi ketika selesai sore diletakkan di tempat kotor besok di jemur. Gunakan air panas biar bakteri hilang. Lap dibedakan alat masak dan untuk alat makan," kata dia.

Spons pencuci piring

Spon yang terendam air sabun juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri jika tidak dibersihkan.

"Setelah selesai cuci piring kuras air lalu bersihkan spons, lalu ditempatkan di tempat kering. Spons ini idealnya diganti setiap 2 minggu sekali," kata dia.

Talenan

Talenan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri jika tidak dibersihkan usai digunakan

"Talenan kadang meninggalkan bau jadi dibersihkan air hangat cuci bersih pakai spons dan dikeringkan," kata dia.

Ririn menjelaskan ada baiknya membedakan talenan yang digunakan untuk daging dan bumbu. Dia juga mengingatkan jika secara fisik talenan sudah tidak rata dan kotor, harus segera diganti.

"Kalau talenan kayu atau plastik mana yang baik? kalau talenan kayu ada pori-pori jadi makanan bisa masuk ke dalam bersihkan sulit dibandingkan plastik, lebih aman dan mudah bersihkan," kata dia.

Pisau

Photo :
  • The Kitchen/ RachelRayMag

Dijelaskan Ririn, ada baiknya membedakan penggunaan pisau untuk daging, ikan, ayam, buah dan sayur. Untuk pembersihannya bisa menggunakan air panas yang mengalir.

Gagang Kulkas

Gagang kulkas juga menjadi salah satu sarang kuman dan bakteri, apalagi jika ketika membuka kulkas setelah memegang bahan makanan seperti ikan. Untuk itu, bersihkan gagang kulkas dengan sabun lalu keringkan. Ririn juga tidak merekomendasikan penambahan kain untuk melapisi gagang kulkas.

"bisa jadi sarang kuman bakteri kalau tidak dibersihkan, lebih baik enggak perlu," kata dia.

Isi dalam kulkas

Ririn menjelaskan penting bagi kita untuk membersihkan kulkas seminggu sekali. Hal ini lantaran beberapa bahan lama yang telah disimpan di kulkas bisa mencemari bukan hanya bahan itu tapi juga bahan-bahan lainnya yang ada di kulkas.

"Jadi keluarkan olah kalau bisa diolah kalau tidak bisa dibuang," kata dia.