dr Zaidul Akbar: Usahakan Ada 5 Hal Ini dalam Makanan Kita Tiap Hari

Tempe.
Sumber :
  • Pixabay/ Bintang_Galaxy

VIVA – Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk makan makanan yang seimbang dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna.

Kini, makanan seimbang itu diperkenalkan lagi dengan pola Piring Makanku, dimana isi makanan dalam piring harus terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, kita juga harus meminum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi. Tapi, selain pola makan tersebut, ada hal lain yang harus ada di setiap makanan kita sehari-hari.

Kelima hal itu dipaparkan oleh praktisi kesehatan sekaligus pendakwah dr Zaidul Akbar. Dia mengatakan agar kita harus mengusahakan kelima hal itu dalam makanan setiap hari.

"Pertama, asam amino. Ada madu, ada kurma, ada air kelapa, dia asam amino," katanya dalam sebuah video singkat yang diunggah akun instagram @hastag.dakwah.

Yang kedua adalah probiotik yang ada pada makanan seperti tempe atau kimchi. Ketiga adalah prebiotik, contohnya sayuran dan buah-buahan.

"Jadi kalau Anda bikin tempe maka coba bikin juga sayur, supaya bakterinya yang ada pada probiotik itu bisa tumbuh," jelasnya.

Sementara yang keempat adalah rempah, contohnya cengkih, kayu manis, ketumbar kapulaga, jinten dan bunga lawang. Terakhir adalah rimpang, seperti kunyit, jahe, lengkuas kencur, temulawak.

"Itulah obatnya kita. Makanya orang tua kita zaman dulu yang minum begituan awet, anaknya banyak, gampang melahirkan karena makanannya sehat," tambahnya.