13 Manfaat Jamur Kuping Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Jamur Kuping Hitam
Sumber :
  • Pixabay.com

VIVA – Jamur kuping hitam merupakan jamur liar yang banyak ditemui di wilayah Asia dan beberapa pulau dengan iklim lembat \. Jamur ini juga dapat dikonsumsi.  Perlu anda ketahui, ternyata jamur kuping hitam memiliki banyak manfaat. Dari menghambat bakteri hingga menurunkan berat badan.

Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Dikutip dari laman ksdae.menlhk.go.id, Jamur Kuping terbagi menjadi tiga jenis yaitu Jamur Kuping Putih (Tremella fuciformis), Jamur Kuping Hitam (Auricularia polytricha) dan Jamur Kuping Merah (Auricularia auricular-judae). Dari ketiga jenis itu yang paling sering dikonsumsi adalah Jamur Kuping Hitam.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan bisa mengkonsumsi jamur yang satu ini karena memiliki kandungan kalori yang rendah namun protein alami dan seratnya sangat tinggi. Jamur ini juga berkhasiat untuk pengobatan sakit ringan seperti mengurangi panas dalam dan mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Selain mengandung banyak manfaat, ternyata Jamur Kuping mengandung racun apabila diolah dengan cara yang kurang tepat.

Kandungan gizi jamur kuping 

Jamur ini mengandung serat yang tinggi serta kalori yang rendah. Selain itu juga mengandung protein alami (asam amino) yang tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan kita.
Kandungan yang terdapat pada jamur kuping hitam diantaranya protein, serat, lemak, kalium, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, dan juga vitamin B6.

Selain itu, jamur kuping juga mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. Semuanya merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat jamur kuping bagi kesehatan

Jamur kuping umum ditemukan dalam hidangan berbagai menu makanan. Jamur ini memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna hitam. Bagi anda yang belum pernah mencobanya, wajib anda ketahui bahwa jamur kuping ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda. 

Berikut 13 manfaat jamur kuping hitam untuk kesehatan tubuh:

  1. Bernutrisi tinggi

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, namun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bagus untuk Kesehatan kita. Jamur kuping tidak hanya rendah kalori dan lemak, namun diperkaya akan serat, antioksidan, asam omega, riboflavin, selenium, dan vitamin B5 yang baik untuk kesehatan.

Cukup dengan mengonsumsi 100 gram jamur kuping, Anda telah memenuhi 32% kandungan tembaga harian Anda. Senyawa tembaga sangat berperan dalam proses metabolisme zat besi dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

  1. Menurunkan risiko Kardiovaskuler

Jamur kuping ini dapat menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan pada sel tubuh karena kaya akan antioksidan. Antioksidan juga dapat mencegah beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan lainnnya. Kandungan ini juga mampu untuk menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler (yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah).

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat lain dari Jamur kuping hitam ini yaitu mampu menjaga kesehatan usus. Hal ini disebabkan karena jamur kuping hitam merupakan sumber prebiotik sangat baik. Jamur ini kaya akan serat yang mampu memberi makan bakteri baik dalam usus. Maka, usus akan terbantu menghasilkan nutrisi guna meningkatkan kesehatan sistem pencernaan serta menjaga usus agar selalu dalam kondisi yang sehat.

  1. Seimbangkan Kadar Kolesterol

Kandungan anti-oksidan kuat dengan jumlah yang sangat tinggi dan dapat berperan sebagai anti-coagulansia, ternyata sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolestrol serta trigliserida. Anti-oksidan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dengan jumlah yang signifikan. Hal ini telah diterbitkan oleh sebuah penelitian di International Journal of Medical Mushrooms. Sehingga mampu membantu mencegah terjangkitnya penyakit jantung.

  1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Jamur kuping ini juga terdapat kandungan antimikroba yang mampu mengatasi beberapa macam bakteri. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa jamur kuping dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang dapat menginfeksi manusia.

  1. Obati Hipertensi

Dengan mengonsumsi jamur kuping menimbulkan efek hiperkolesterolemia. Karena efek inilah jamur kuping mampu mengatasi penyumbatan di pembuluh darah, sklerosis pembuluh darah dan hipertensi.

Salah satu penyebab hipertensi yaitu penyempitan arteri ginjal. Dengan mengurangi kolesterol, maka kemungkinan penyempitan akan berkurang. Jamur kuping bisa mengurangi risiko hipertensi, pembekuan darah, dan trombosis.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat lain dari jamur kuping yaitu dapat melancarkan sirkulasi darah. Hal tersebut karena jamur kuping mengandung zat antikoagulan yang bertindak seperti pengencer darah, mirip dengan aspirin. Lancarnya aliran darah sangat penting untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi dan penyakit.

Jamur kuping juga terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi dan merupakan obat yang populer untuk menghilangkan gejala anemia. Jamur kuping kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur ini dianggap membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

  1. Menurunkan berat badan

Jamur merupakan satu dari deretan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir jamur kuping terdapat 19,6 gram serat makanan. Pria dewasa membutuhkan 38 gram serat setiap harinya. Sementara wanita dewasa membutuhkan 30 sampai 32 gram serat per harinya. 

Maka, satu cangkir jamur kancing ternyata dapat memenuhi setengah kebutuhan serat per harinya. Serat pada makanan sangat baik untuk kesehatan pencernaan, karena dapat membantu gerakan usus menjadi lebih lancar dan menghindari Anda dari sembelit. Dengan mengonsumsi jamur kuping anda bisa menurunkan berat badan tanpa harus merasakan lapar yang berlebih.

  1. Mencegah anemia

Jamur kuping hitam juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit anemia. Jamur kuping ini kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur juga dianggap dapat membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

  1. Melindungi hati

Ternyata jamur kuping hitam juga mampu melindungi hati dari kerusakan oleh zat-zat tertentu. Sebuah riset mengungkapkan jamur kuping membantu membalikkan dan melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis acetaminophen.

  1.  Mengobati Wasir

Kemampuan jamur kuping yang bisa memperlancar sirkulasi darah, bermanfaat dalam mengobati penyakit wasir. Jamur kuping memiliki efek pendinginan pada darah, meningkatkan sirkulasi dan mengobati memar. 

Pembuluh darah bengkak yang terletak di sekitar anus atau di dubur bawah disebut wasir. Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami gejala wasir pada usia 50 tahun. Jamur kuping juga kaya serat yang dapat meringankan sembelit akibat wasir.

  1. Menurunkan Risiko Stres

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan selanjutnya yaitu menurunkan risiko stres. Vitamin B2 atau Riboflavin yang ada di dalam jamur kuping memiliki efek mengurangi stres fisik dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

  1. Sebagai Anti-Virus yang Handal

Jamur kuping mengandung trace mineral germanium, yang memiliki efek anti-virus dan anti-tumor. Germanium juga dikenal memberi energi pada tubuh, oleh karena itu bermanfaat untuk memerangi virus.