dr Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Masalah Lambung

Ilustrasi sakit lambung atau gastrointestinal.
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

VIVA –  Air tajin sudah tidak asing di telinga masyarakat tanah air. Air tajin sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia, bahkan ada beberapa orang tua yang memberikan air tajin untuk balita mereka.

Air tajin adalah air yang terbuat dari rebusan beras. Sebelum air teresap habis oleh beras, sisa air yang hanya 1/4 akan mengental, inilah yang disebut dengan air tajin.

Air tajin begitu populer di kalangan masyarakat karena kandungannya yang diketahui baik untuk kesehatan. Dr. Zaidul Akbar melalui akun instagramnya, menjelaskan air tajin memiliki manfaat luar biasa, salah satunya memperbaiki masalah lambung.

"Buat temen temen yang ada masalah pencernaan seperti maag , air tajin seperti ini sangat baik untuk memperbaiki keseimbangan asam lambung," tulis dr. Zaidul Akbar.

Dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar masyarakat bisa menggunakan beras organik atau beras non pestisida untuk membuat air tajin tersebut.

"Ingat, berasnya organik ya, klo belum dapat organik bisa direndam pake ecoenzim atau rendam pake baking soda atau probiotik atau cuka apel, pestisida ga bisa hilang hanya dengan dicuci biasa ya," tulis dr. Zaidul Akbar.

Lantas bagaimana cara mengolahnya?
Bahan-bahan:
- 1sdm beras organik
- 300 cc air

Cara membuat:
- Bersihkan beras
- masukkan beras ke dalam 300 cc air lalu masak hingga mendidih
- ambil air beras yang sudah dimasak lalu tunggu hangat

"Bisa anda tambahkan madu ke air tajin tersebut, bisa diminum 2x sehari , saat pagi dan jelang tidur," tulis dr. Zaidul Akbar.