18 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sudahkah kamu mengetahui manfaat dari daun bidara? Perlu diketahui bahwa daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bagi tubuh. Biasanya, pohon bidara tumbuh di daerah kering berpohon kecil yang menghasilkan buah. 

Daun bidara memiliki senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, minyak atsiri, serta antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Daun bidara atau nama ilmiahnya yaitu Ziziphus mauritiana telah lama dijadikan sebagai bahan obat herbal. Berikut telah kami rangkum manfaat dari daun bidara dan bagaimana cara penggunaannya dengan benar. 

18 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Daun bidara dianggap dapat menjadi solusi alami untuk beberapa masalah Kesehatan, bahkan diklaim mampu untuk mengatasi penyakit kronis.

Tanaman bidara dapat tumbuh hingga mencapai sekitar 6 hingga 15 meter. Daun bidara memiliki permukaan daun yang halus. Namun ranting dan cabang dari tanaman ini terdapat duri yang tajam.

  1. Merawat rambut

Ternyata daun bidara juga bisa untuk merawat rambut. Daun bidara dipercaya dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Daun bidara ini diklaim mampu mencegah kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Cara menggunakaannya yaitu dengan cara menggunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic.

  1. Mengatasi Sariawan

Khasiat daun bidara juga mampu untuk mengatasi sariawan. Daun bidara memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah bakteri di dalam mulut. Hal ini akan membantu kamu mengatasi berbagai masalah mulut, seperti sariawan dan bibir pecah-pecah.

  1. Mengatasi jerawat

Bagi kamu yang ingin menghilangkan jerawat secara alami bisa menggunakan dengan daun bidara. Khasiat daun bidara ini juga bagus untuk merawat kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun bidara, lalu tumbuk hingga halus. Lalu, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan kurang lebih sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah mengering, bilas wajah hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

  1. Mengatasi Insomnia

Kamu susah tidur atau insomnia? Coba gunakan daun bidara karena dipercaya bisa mengatasi insomnia. Daun bidara ini memiliki kandungan saponin, yang mana berkhasiat untuk memberikan efek yang menenangkan. 

Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk tek untuk mendapatkan manfaatnya. Daun bidara akan menjadi obat tidur alami yang baik sekaligus sebagai peningkat kualitas tidur kamu.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Selain untuk mengatasi jerawat, ternyata daun bidara juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. 

Caranya sama dengan mengatasi jerawat. Yaitu dengan cara membuat masker dari daun bidar aini. Dengan menggunakan masker daun bidara, dapat membantu mencegah keriput dan juga lingkaran hitam yang ada di bawah mata, yang mana keduanya merupakan gejala penuaan dini.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan serbuk daun bidara yang dicampur dengan madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya dapat menghasilkan yang maksimal.

  1. Membantu meringankan depresi

Sering depresi atau banyak masalah? Daun bidara juga mampu meringankan depresi yang dialami akibat banyaknya pikiran. 

Senyawa yang terdapat dalam daun ini memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh. Kamu bisa mengolahnya menjadi teh untuk mendapatkan efek tersebut. 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara lainnya yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit seperti luka sayatan, gores, dan lecet.

Selain itu, daun bidara juga memiliki kandungan senyawa glikosida yang dapat menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup dengan meminum air rebusan daun bidara. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara, yang kemudian dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

  1. Menurunkan Kolesterol

Daun bidara juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Serat yang larut dalam air dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kamu bisa membuat air rebusan daun bidara untuk mendapatkan serat yang terkandung didalamnya. Daun bidara berkhasiat untuk mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan kemudian membuangnya keluar melalui feses.

  1. Menjaga Jantung

Daun bidar aini dapat menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung memiliki berbagai penyebab, salah satunya yaitu pola makan. Kamu dapat menambahkan air rebusan daun bidara ke dalam menu pola makanan untuk mencegah munculnya penyakit ini.

  1. Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Bagi kamu yang bermasalah dengan pencernaan, bisa gunakan daun bidara sebagai solusinya. Daun bidara ini memiliki khasiat untuk meringankan dampak negatif dari asam lambung, sehingga cocok untuk penderita maag.

Selain itu, daun bidara juga mampu mengeluarkan racun yang terdapat dalam sistem pencernaan sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan lainnya, serta mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Kamu bisa meminum air rebusan daun bidara secara rutin untuk menyembuhkan masalah pencernaan.

  1. Mencegah Flu

Manfaat daun bidara juga bisa membantu mencegah penyakit flu. Daun bidara memiliki senyawa antioksidan, yang bisa melindungi tubuh dari infeksi virus penyebab penyakit flu.

  1. Mencegah Osteoporosis

Daun bidara memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, sehingga bisa membantu mencegah osteoporosis. Osteoporosis merupakan kondisi saat tulang rapuh. Biasanya gejala osteoporosis terlihat, saat seseorang mengalami cidera tulang atau patah tulang. 

  1. Mengobati Diabetest

Daun bidara juga bisa membantu mengobati penyakit diabetes yang disebabkan karena tubuh tidak dapat memecah glukosa darah dalam sel.

Penyakit diabetes ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan dan faktor keturunan. Daun bidara memiliki kandungan yang bisa membantu mengikat glukosa dalam darah dan mencegah diabetes.

  1. Mengobati Wasir

Air rebusan daun bidara bisa membantu kamu mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh wasir. Wasir merupakan penyakit yang terjadi di saluran pembuangan air besar. Penyakit ini disebabkan karena fakor keturunan, obesitas atau kehamilan. Penyakit ini membuatmu tidak nyaman pada saat buang air besar dan saat duduk. 

  1. Mengatasi Keputihan

Daun bidara juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan. Air rebusan daun bidara ini dapat digunakan sebagai air untuk menyuci organ kewanitaan, untuk membersihkan bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Keputihan ini sering dialami oleh sebagian perempuan. Keputihan adalah cairan atau lendir berwarna putih yang keluar melalui organ kewanitaan. Pada beberapa kondisi, keputihan yang tidak normal bisa dijadikan tanda kalau tubuh mengalami gangguan kesehatan. 

  1. Melembapkan Kulit

Selain mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini, daun bidara juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Kulit kering ditandai dengan kondisi wajah yang kusam, kulit pecah-pecah dan timbul keriput serta garis-garis halus di wajah. Masker daun bidara berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membuat kulit wajah lebih halus dan lebih lembap.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Karena daun bidara memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, sehingga air rebusan daun bidara bisa membantu memperkuat gigi. Air rebusan daun bidara juga bisa digunakan untuk kumur, karena memiliki kandungan antiseptik yang bisa mencegah terjadinya karang gigi.

  1. Melancarkan Haid

Manfaat yang terakhir daun bidara yaitu melancarkan haid. Mengonsumsi air rebusan daun bidara juga bisa bermanfaat untuk melancarkan haid. Karena kandungan yang ada di dalam daun bidara ini, membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh serta membantu mencegah nyeri perut karena haid.

Itulah beragam manfaat daun bidara yang perlu kamu ketahui. Wajib dicoba jika kamu mengalami permasalahan pada kesehatan tubuh kamu. Khasiat daun bidara diatas dikutip dari berbagai sumber.