Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Impotensi

Disfungsi Ereksi
Sumber :
  • www.google.com

VIVA – Kesehatan seksual dan kesejahteraan didefinisikan sebagai keadaan dimensi fisik, emosional, mental, sosial, dan spiritual dalam kaitannya dengan seksualitas. 

Keintiman seksual selalu distigmatisasi dan orang tidak mau membicarakan seksualitas mereka secara terbuka. Dalam skenario saat ini, Pandemi tidak hanya memengaruhi kesehatan mental tetapi juga memperburuk masalah kesehatan seksual di antara individu. 

Salah satu alasan utama adalah meningkatnya stres karena faktor-faktor seperti pekerjaan, keseimbangan kehidupan kerja, tantangan keuangan, dan kurangnya sosialisasi dan konflik hubungan antara lain. 

Menurut Ashish Sabharwal, Konsultan Senior Ahli Urologi, Ahli Andrologi dan Ahli Bedah Robotik, Rumah Sakit Indraprastha Apollo, New Delhi, stres secara langsung memengaruhi hormon dan suasana hati kita dan menghilangkan libido seseorang sehingga memengaruhi waktu berkualitas pasangan. 

Hal ini juga dapat menyebabkan seseorang untuk menikmati merokok atau konsumsi alkohol yang pada gilirannya dapat memengaruhi kinerja seksual. Ini juga dapat menyebabkan masalah seperti Ejakulasi Dini, Disfungsi Ereksi, libido berkurang, dan kesuburan pria, dikutip dari Times of India. 

Seorang pria harus kuat secara fisik, mental dan spiritual. Kehidupan seksual yang seimbang memungkinkan individu untuk memiliki hubungan yang sehat, kehamilan yang direncanakan dan penyakit dan pencegahan. 

Oleh karena itu, penting untuk mendapat informasi yang baik tentang semua aspek kesehatan seksual dan apa yang diperlukan untuk memiliki kehidupan seksual yang memuaskan.

Apa itu Disfungsi Ereksi?

Cegah diabetes

Photo :
  • U-Report

Disfungsi Ereksi (DE), juga dikenal sebagai impotensi, adalah suatu kondisi di mana seorang pria mengalami kesulitan dalam mendapatkan atau mempertahankan ereksi selama kinerja seksual. 

Ini adalah salah satu kondisi kesehatan paling umum yang memengaruhi pria paruh baya, pria tua dan sekarang bahkan generasi muda. Kebanyakan pria tidak menyadari tentang konsep yang muncul dan terapi potensial untuk manajemen DE karena kondisi kesehatan tetap tidak diobati selama bertahun-tahun. 

Untuk sembuh dari DE, langkah pertama dan terpenting adalah membuka diri dan membicarakan kondisinya dengan dokter Anda karena mereka dapat meresepkan perawatan yang tepat mulai dari perubahan gaya hidup hingga pengobatan hingga operasi.

Apa yang bisa memicu disfungsi ereksi?

Kondisi medis, seperti hipertensi, diabetes mellitus, penyakit kardiovaskular (CVD), dan kondisi psikologis seperti depresi dan kecemasan, berkontribusi terhadap disfungsi seksual pada pria. 

CVD dan hipertensi menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri, yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tubuh, yang penting untuk mencapai ereksi. 

Diabetes adalah penyebab umum disfungsi seksual karena dapat memengaruhi pembuluh darah dan saraf yang memasok darah ke penis. Kebiasaan gaya hidup yang buruk seperti obesitas, merokok, minum alkohol dikaitkan dengan perkembangan DE.

Alasan dan penyebab disfungsi ereksi

Tidak ada cukup darah mengalir ke penis- Banyak masalah kesehatan dapat mengurangi aliran darah ke penis, seperti arteri yang mengeras, penyakit jantung, gula darah tinggi (Diabetes) merokok dan alkohol.

Penis tidak dapat menjebak darah selama ereksi - Jika darah tidak tinggal di penis, seorang pria tidak dapat mempertahankan ereksi. Masalah ini dapat terjadi pada usia berapa pun.

Sinyal saraf dari otak atau sumsum tulang belakang tidak mencapai penis- Penyakit tertentu, cedera atau operasi di daerah panggul dapat membahayakan saraf ke penis.

Diabetes dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah kecil atau kerusakan saraf pada penis- Memiliki kadar gula yang tinggi untuk jangka waktu tertentu dapat merusak pembuluh darah dan saraf, termasuk yang  penis Anda.

Perawatan kanker di dekat panggul dapat memengaruhi fungsi penis. Pembedahan atau radiasi untuk kanker di perut bagian bawah atau panggul dapat menyebabkan DE. Mengobati kanker prostat, usus besar-rektal atau kandung kemih sering membuat pria menderita DE. Penderita kanker harus menemui ahli urologi untuk masalah kesehatan seksual.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati masalah kesehatan lainnya dapat berdampak negatif pada ereksi- Pasien harus membicarakan efek samping obat dengan dokter perawatan primer mereka

Apakah disfungsi ereksi umum terjadi pada pria muda? 

Ilustrasi cemas dan khawatir (Imago Images/M. Eichhammer).

Photo :
  • dw

DE adalah kondisi paling umum yang memengaruhi pria paruh baya dan lebih tua di usia 40-an dan 70-an tetapi juga memengaruhi generasi muda yang berusia akhir 20-an dan 30-an.

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap DE dapat terjadi pada usia berapa pun. Ini termasuk faktor fisik dan emosional — keduanya penting untuk aktivitas seksual

Beberapa faktor yang berkontribusi antara lain:

-  Cemas, depresi, atau perasaan malu atau bersalah tentang aktivitas seksual.

- Mengalami stres yang signifikan terkait dengan seks atau masalah lain seperti hubungan, stres pekerjaan

- Merokok

- Minum alkohol berlebihan

- Menggunakan obat-obatan

- Kegemukan

- Kurangnya aktivitas fisik

- Penggunaan suplemen olahraga, penguat testosteron, atau alat bantu ereksi yang dijual bebas.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memanfaatkan salah satu opsi ini untuk mendapatkan panduan dan perawatan yang benar.