Zaidul Akbar: Makanan Ini Penyebab Keputihan Tidak Normal

Ilustrasi keputihan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Keputihan adalah kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan normal terjadi pada wanita yang masih mengalami menstruasi. Keputihan normal terjadi setidaknya 6 bulan sebelum seorang wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh.

Selain karena perubahan hormon, keputihan juga akan normal keluar saat wanita mendapatkan rangsangan seksual, sedang menyusui, atau stres. Namun, Anda harap berhati-hati jika cairan keputihan mengalami perubahan warna, tekstur, dan bau. Kondisi ini dapat menjadi tanda keputihan yang tidak normal yang disebabkan oleh infeksi atau kelainan pada organ reproduksi wanita.

Lantas apa yang menyebabkan keputihan tidak normal? Terkait hal itu, pendakwah dr. Zaidul Akbar angkat bicara. Dalam channel YouTubenya, dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa keputihan muncul keputihan tidak normal otomatis ada pemicu ke-takseimbangan dalam tubuhnya.

"Kenapa keputihan yang tidak normal itu muncul biasanya terjadi perubahan PH darahnya atau PH tubuhnya secara umum. Kalau PH tubuh secara umum berubah, maka yang terjadi semua akan bermasalah bahkan sampai ke kanker,itu sebabnya dr. Otto salah satu penerima nobel tahun 1930 dia bercerita bahwa ternyata hidupnya itu di lingkungan asam," kata dia.

Maka dari itu, kata dr. Zaidul Akbar Allah SWT sudah memberikan kita semua petunjuk untuk itu dijaga keseimbangannya, sehingga ketika bicara tentang tubuh maka yang dijaga adalah kesimbangannya.

"Pertanyaan jika kita kembali keputihan terjadi kenapa? coba cek ada makanan-makanan yang disebut acid forming food itu makanan pemicu atau yang membentuk asam termasuk mukus itu lendir, lendir kalau sudah muncul di badan maka akan lengket dimana-mana tidak hanya di saluran nafas tapi di jantung, pencernaan bisa lengket maka salah satu yang disingkirkan itu.  Jadi alergi juga sama, salah satu tanda ini kebanyakan asam tubuhnya terlalu asam," jelas dr. Zaidul Akbar.

Lebih lanjut dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar salah satu makanan yang bisa memicu asam dalam tubuh sehingga menyebabkan masalah pada kewanitaan adalah tepung.

"Asam itu muncul dari mana salah satunya adalah makanan yang membentuk asam contohnya adalah tepung, itu sebagai salah satu biang kerok masalah kewanitaan," kata dr. Zaidul Akbar.