7 Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Sesuai Anjuran Kemenkes

Ilustrasi cuci tangan.
Sumber :
  • Freepik/ededchechine

VIVA – Cara mencuci tangan yang baik dan benar harus dipahami oleh setiap orang terlebih sedang pandemi seperti saat ini. Cara mencuci tangan yang baik dan benar memang terdengar kegiatan sederhana, namun hal ini bisa membantu kamu dan lingkungan sekitar dari bahaya penyakit menular.

Sayangnya, di masa pandemi seperti sekarang masih banyak orang yang mengabaikan dan menganggap enteng masalah cuci tangan yang benar serta cenderung melakukannya secara asal-asalan. Padahal, mencuci tangan harus dilakukan dengan cara yang benar supaya efektif menangkal penularan penyakit. Oleh sebab itu, VIVA sajikan beberapa cara mencuci tangan yang baik dan benar disadur dari beberapa sumber terpercaya.

Lalu, Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar?

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Sesuai dengan Anjuran Kemenkes

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Freepik

Salah satu cara untuk melindungi diri dan keluarga dari penyakit menular adalah dengan mencuci tangan secara rutin. Upaya ini mungkin terdengar sepele namun sangat efektif untuk menghindari penularan penyakit.

Gosok Telapak dengan Telapak

Telapak tangan mungkin mengandung banyak kuman dan bakteri. Saat kamu berkeringat, keringat akan menumpuk di telapak tangan kamu. Jika dibiarkan berkembang, bakteri atau kuman yang menempel akan terus berkembang biak. Telapak tangan juga merupakan bagian utama yang bersentuhan dengan benda dan sumber kotoran. Gosok telapak tangan kamu dengan tangan kamu yang lain untuk menghilangkan bakteri.

Gosok Telapak Kanan di Atas Punggung Tangan Kiri & Sebaliknya

Punggung tangan juga bisa menjadi sarang bakteri dan kotoran. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk membersihkan punggung tangan dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Untuk membersihkannya, kamu bisa mengusap punggung tangan kiri dengan tangan kanan. Di sisi lain, bersihkan punggung tangan kanan dengan menggosok dengan telapak tangan kiri.

Gosok Telapak & Telapak, Dengan Jari Saling Terkait

Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran atau bakteri di sela-sela jari. Satukan kedua telapak tangan kamu, lalu silangkan jari-jari kamu seperti seseorang sedang berdoa. Selanjutnya, gosokkan jari kamu satu sama lain.

Putar Punggung Jari di Atas Telapak

Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran atau bakteri di sela-sela jari. Satukan kedua telapak tangan kamu, lalu silangkan jari-jari kamu seperti seseorang sedang berdoa. Selanjutnya, gosokkan jari kamu satu sama lain.

Jempol Kanan Digosok Memutar oleh Telapak Kiri & Sebaliknya

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bakteri dan kotoran di sekitar ibu jari juga ikut hanyut. Area di antara ibu jari adalah yang paling sering terkena benda asing, jangan sampai terlewatkan saat membersihkannya. Cara melakukan langkah ini adalah dengan memegang ibu jari kiri dengan tangan kanan. Gosok beberapa kali, lalu gosok dengan tangan sebaliknya. Giliran menggosok ibu jari kanan dengan telapak tangan kiri.

Kuncupkan Ujung Jari dan Putar di Atas Telapak Tangan

Di bagian tangan, kuku juga menjadi salah satu tempat yang rawan menjadi sarang kuman. Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkannya dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Caranya adalah kuncupkan jari tangan kanan berada di atas telapak tangan kiri, lalu putar beberapa kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan yang lain. Jika kuku pendek dan sering dipotong, langkah mencuci tangan yang membantu membersihkan area kuku pasti akan lebih efektif.

Bersihkan Tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik dan keringkan.

Waktu Mencuci Tangan

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Freepik

Kamu bisa membantu diri sendiri dan orang lain supaya tetap dalam keadaan sehat dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar, terutama ketika saat-sata penting berikut ini:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makan
  • Sebelum dan setelah makan
  • Sebelum dan setelah merawat luka
  • Setelah menginjak toilet
  • Setelah membuang ingus, batuk, dan bersin
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, dan kotoran hewan
  • Setelah menyentuh sampah
  • Sebelum dan setelah merawat seseorang yang sakit mundah atau diare
  • Setelah memberi makan hewan dan cemilan hewan

Selain itu, kamu juga harus mencegah penyebaran pandemic Covid-19 dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar setidaknya selama 20 detik atau memakai pembersih tangan yang mengandung minimal 60% alcohol baik sebelum atau sesudah menyentuh mata, hidung, mulut, muka, menyetuh barang yang kemungkinan sering disentuh orang lain, dan ketika memasuki serta meninggalkan tempat umum.