Zaidul Akbar: Makan Ikan Ini Tulang Kuat, Luka Diabetes Cepat Sembuh

Ilustrasi ikan
Sumber :
  • Pixabay/photo-graphe

VIVA – Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar akan memberikan resep untuk menguatkan tulang, sendi dan otot, cukup dengan mengonsumsi ikan saja. Selain itu, resep ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka diabetes lho. Seperti apa resepnya?

Ya, sebagai bahan dasar, dokter Zaidul menyarankan untuk menggunakan satu ekor ikan toman berukuran sedang. Apa itu ikan toman?

"Browsing. Ikan toman itu dia kakak adik sama ikan gabus, tetapi bentuknya lebih seram. Toman memang agak jarang. Tapi dia salah satu sumber protein atau albumin yang paling baik itu ada pada ikan toman. Kalau enggak ada, gabus juga enggak apa-apa," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Selasa, 7 September 2021.

"Lalu, sisik ikan sama kulitnya dikupas, dipisahkan, lalu direbus sampai mendidih. Lalu ditambahkan garam boleh, tambahkan bawah merah dan bawang putih," sambung dia.

Zaidul Akbar lebih lanjut menjelaskan, daging ikannya bisa diolah menjadi masakan seperti ikan pindang, dikukus atau dibuat pepes. Namun, Zaidul melarang untuk menggoreng atau membakar ikan tersebut.

"Air rebusan tadi 500 cc-nya hanya bersama kulit dan sisik ikan tadi, dimasak, diblender bersama pepaya mengkel. Pepayanya ukuran kurang lebih tebal 2 cm panjang 10 cm, kira-kira aja lah. Semuanya dimakan jangan disaring," terang dia.

Menurut Zaidul, resep tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan sendi. Dia turut mengingatkan, agar daging ikannya juga jangan lupa dikonsumsi.