Tips Makan Sehat, Zaidul Akbar: Cari Ikan Ukuran Kecil

dokter Zaidul Akbar
Sumber :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

VIVA – Sajian ikan selalu menjadi menu yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Tak hanya itu, ikan juga menjadi sumber protein yang kaya akan beragam vitamin dan mineral.

Hanya saja, lingkungan yang kurang bersih saat ini saat ini memicu ikan mengandung komponen yang tak sehat. Untuk itu, pendakwah sekaligus praktisi medis Zaidul Akbar mengungkap tips sederhana agar mampu mendapatkan ikan yang sehat.

"Salah satu cara ngurangi toksin yang masuk, kl saya pilih ikan sungai yang hidup alami, atau carilah ikan-ikan yang ga terlalu besar, sebab ikan besar tumpukan racunnya juga jadi meningkat," tuturnya.

Tak hanya ikannya sendiri, dari segi bumbu pun disarankan agar memilih rempah yang alami dibanding racikan buatan. Dengan begitu, manfaatnya pun akan lebih baik bagi kesehatan tubuh.

"Nah, kalau lagi makan gini, bumbunya atau kuahnya di makan juga, karena banyak faedahnya," kata Zaidul Akbar.

Di unggahannya tersebut, Zaidul Akbar mengunggah kembali resep olahan ikan kuah rempah yang sehat dari  @herlin_ramadhanti. Menu tersebut dinamakan Steam Kakap Kemangi. Yuk intip cara mengolah dan bahan-bahannya.

"Steam ikan ini salah satu cara saya kalo minyak kelapa habis dan gak mau pake minyak sawit buat goreng-goreng. Terus biar protein ikannya dapatnya utuh..Ikannya di kucuri jeruk nipis + himalaya salt yaaaah biar ilang amisnya," ujar unggahan tersebut.

Bumbunya sendiri mencakup cabai, bawang putih, bawang merah, tomat, irisan jahe dan sereh yang digeprek. Beri garam himalaya dan gula kelapa serta terakhir taburi kemangi. Hmmmm, nikmat untuk sajian makan siang!