Kerutan Bikin Nggak Pede, Ini 5 Cara Jaga Kulit Tetap Elastis

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA – Tidak ada salahnya memiliki kerutan di kulit, beberapa garis wajah bisa menawan dan menambah karakter pada wajah Anda. Tapi bukan rahasia lagi bahwa banyak dari kita lebih memilih untuk menjaga kulit tetap elastis dan kencang.

Meskipun tidak dapat dihindari bahwa kerutan akan muncul di beberapa titik, merawat kulit Anda dengan baik dapat membantu menjaganya tetap bebas kerut selama mungkin. Tanpa intervensi medis atau bedah, akan sulit untuk membalikkan tampilan kerutan begitu kulit memilikinya. 

Namun, ada beberapa langkah melalui gaya hidup tepat untuk memperlambat timbulnya garis kerutan. Salah satunya melalui perawatan kulit yang rutin dengan bahan-bahan tepat seperti kandungan bahan hybrid.

"Kami menggunakan ingredients hybrid, gabungan dari bahan aktif dan bahan natural. Tentunya penggabungan ini sudah melewati tahapan riset yang cukup panjang sehingga dapat memastikan bahwa produk kami aman dan memberikan hasil nyata untuk segala permasalahan wajah," tutur Founder SQINPRO, Venny Christian, dalam keterangannya.

Nah, apa saja perawatan kulit dan gaya hidup yang dibutuhkan untuk membuat tetap awet muda? Berikut 5 gaya hidup yang dapat dicoba untuk membantu kulit tetap sehat dan awet muda.

Lindungi dari sinar matahari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa paparan sinar matahari berlebih dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini dan kerutan.Menurut studi tahun 2013, penggunaan tabir surya secara teratur memiliki kemampuan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang merusak, sangat penting untuk menerapkan SPF antara 30 dan 50 setiap hari, meskipun mendung. Sinar UV masih bisa menembus awan, jadi jangan lewatkan tabir surya hanya karena cuaca tidak begitu terik.

Pakai niacinamide

Bahan ini sudah menjadi 'makanan' sehari-hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan elastis. Untuk itu, memakai serum wajah dengan kandungan niacinamide mampu memperbaiki tekstur kulit, menjaga kelembapan, mencegah inflamasi, serta mencerahkan kulit seperti dalam SQINPRO Niacinamide Serum 12% Plus Zinc 1%. 

Dengan kosentrasi 12% menjadikan serum SQINPRO produk serum di pasar indonesia ‘the highest concentration ever’. Sementara dipadukan dengan Zink 1 persen berfungsi untuk mengatasi jerawat, peradangan, mengontrol minyak berlebih dan bersifat anti-bakteri dan Tocopheryl Acetate untuk mencegah kerutan dan menyamarkan tanda-tanda penuaan yang muncul. 

Gunakan retinoid

Retinoid, yang berasal dari vitamin A, adalah salah satu bahan anti-penuaan yang paling banyak dipelajari. Kadang-kadang disebut sebagai retinol, retinoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen, yang membantu mengencangkan kulit.

Retinoid juga mendorong regenerasi kulit dan dapat mendorong pembentukan pembuluh darah baru, yang dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Ada lima jenis utama retinoid, masing-masing dengan tingkat potensi yang sedikit berbeda. Beberapa tersedia dalam krim dan gel yang dapat Anda beli tanpa resep, sementara yang lain hanya tersedia dengan resep dokter.

Dermatologis merekomendasikan memulai dengan jumlah kecil untuk menguji toleransi kulit Anda terhadap produk, dan menggunakannya setiap hari untuk menghindari pengelupasan. Bicaralah dengan dokter kulit Anda untuk mengetahui pilihan mana yang tepat untuk kulit Anda.

Melembabkan

Pelembab bertindak seperti minuman air untuk wajah Anda. Pelembab membantu menutrisi dan menghidrasi kulit. Ini sangat penting seiring bertambahnya usia dan kulit Anda menjadi lebih kering, yang membuatnya lebih rentan terhadap kerutan.

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat dan vitamin C sangat efektif untuk mencegah kerutan terbentuk atau semakin dalam. Seperti dalam Sqinpro Vitamin C Serum yang mencakup Ethyl Ascorbic Acid, Iris Florentina Root Extract, dan Aloe Barbadensis Leaf Extract. 

Bahan pertama itu mampu membantu mencerahkan kulit, bersifat antioksidan dan anti-inflamasi serta mempercepat produksi kolagen yang sangat bermanfaat untuk kulit. Sementara, bahan alami berupa ekstrak dari bunga iris yang dapat membantu mengontrol produksi minyak (Sebum) berlebih, serta memperbaiki tekstur kulit.

Terakhir, kandungan Aloe Barbadensis Leaf Extract yang berfungsi untuk membantu melembapkan, menenangkan, dan menghaluskan kulit, serta menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. 

Tetap terhidrasi

Air minum sangat penting untuk kesehatan yang baik. Tubuh Anda membutuhkan air untuk hampir setiap fungsi yang dilakukannya. Selain fungsi vital seperti membuang racun dari tubuh Anda, membantu pencernaan, dan mengatur suhu tubuh Anda, air juga dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan terhidrasi dari dalam.

Menurut sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan pada sekelompok wanita sehat, ditentukan bahwa masukan air yang lebih tinggi dapat berdampak pada hidrasi kulit, dan dapat secara positif memengaruhi fisiologi kulit.

Studi lain dari 2017 menemukan bahwa meminum ekstrak daun lemon balm, yang biasanya ditemukan dalam teh, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memperbaiki kerusakan jaringan.