Zaidul Akbar: Produk Susu dan Telur seperti Ini Bikin Usus Bocor

Ilustrasi usus .
Sumber :
  • Pixabay/Elionas2

VIVA – Sindrom leaky gut atau usus bocor merupakan kondisi di mana dinding usus yang semula rapat, terdapat kebocoran yang sangat kecil, sehingga dapat ditembus oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri dan zat racun yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. 

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, menjelaskan beberapa penyebab dari usus bocor. Dan ternyata, salah satunya adalah dari makanan yang sering kita konsumsi. 

Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, dokter Zaidul membeberkan daftar makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sindrom leaky gut atau usus bocor. Dua di antaranya bahkan hampir kita konsumsi setiap hari. Berikut penjelasan selengkapnya. 

"Jadi leaky gut atau bocornya usus ini banyak banget penyebabnya. Ada alkohol, dairy (produk berbasiskan susu), beberapa jenis telur, bukan telur ayam kampung telur ayam broiler terutama. Saya sarankan sih tidak untuk dikonsumsi terus-terusan," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, Senin 20 September 2021. 

Lebih lanjut penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu mengungkap, telur jika diolah dengan cara diceplok ternyata dapat merusak kandungan proteinnya. 

"Sekarang Anda bayangkan, ada satu piring nasi goreng. Nasi sudah masalah, dikasih minyak masalah lagi, dikasih telur masalah lagi, terus dipanasin lagi. Apa sehatnya," kata Zaidul Akbar.

Menurut Zaidul, ada banyak hal yang menyebabkan usus bocor, terutama makanan yang kita konsumsi. Lalu, apakah hanya yang sudah disebutkan di atas saja? 

"Banyak sekali penyebab usus bocor. Jadi ada bagian usus yang masuk ke dalam darah. Kemudian apalagi? Beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik, analgetik. Itu juga menyebabkan bocor di usus," terang dia. 

Zaidul menyarankan, jika kita terpaksa harus mengonsumsi obat antibiotik, maka harus diseimbangkan dengan konsumsi probiotik. 

"Jadi kalau Anda terpaksa makan antibiotik, saran saya Anda makan probiotiknya juga. Probiotik maksudnya apa? Anda makan buah, sayur, minum madu," ucap dr. Zaidul Akbar. 

Mengenai masalah usus bocor, Dokter Spesialis Gastroenterologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, FINASIM, juga memiliki pandangan. Menurutnya, kalau dari faktor makanan saja tidak akan sampai menyebabkan usus mengalami kebocoran. 

Prof. Ari mengungkap, kebocoran pada usus terjadi karena faktor kumulatif. Salah satunya karena konsumsi obat-obatan penghilang rasa nyeri atau sakit. Selengkapnya baca dengan klik tautan ini.