Keren, Indonesia Salah Satu Negara Terbaik Tangani COVID-19

Ilustrasi virus corona.
Sumber :
  • Freepik/pikisuperstar

VIVA – Menurut data Johns Hopkins University, Indonesia menjadi salah satu negara terbaik dalam menangani COVID-19. Data tersebut dipublikasikan di situs Ourworldindata.org, per 12 September 2021.

Jubir Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, turut membenarkan hal tersebut. Menurut dia, penanganan virus corona di Indonesia mendapatkan apresiasi karena dinilai telah berhasil menurunkan angka kasus COVID-19 hingga 58 persen, dalam kurun waktu dua pekan.

"Penanganan COVID-19 di Indonesia sudah mulai memperlihatkan hasil yang cukup baik," ujarnya saat Live Siaran Pers PPKM yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, dikutip VIVA, Senin 20 September 2021.
 
"Mengutip salah satu publikasi dari situs Ourworldindata.org, data dari John Hopkins University, yang terakhir di-update pada tanggal 12 September kemarin, menyatakan bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia diapresiasi sebagai salah satu yang terbaik di dunia, karena mampu menurunkan angka kasus hingga minus 58 persen dalam kurun waktu 2 minggu," sambung dia.

Lebih lanjut, Siti Nadia mengatakan, saat ini konfirmasi angka positif COVID-19 harian di Indonesia, telah turun drastis dibandingkan periode kenaikan kasus sebelumnya.

"Pada Senin kemarin 13 September 2021, kita bahkan sempat mencatatkan angka temuan kasus harian terendah sejak bulan Mei 2021, yaitu pada angka 2577 orang," ungkapnya.

Kendati angka kasus COVID-19 harian sudah jauh menurun, Siti Nadia memperingatkan agar kita tetap meningkatkan kewaspadaan serta disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas yang tidak perlu dan menghindari kerumunan, serta segera melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwalnya," tegas dr. Siti Nadia Tarmizi.