4 Kondisi Mata yang Disebabkan Diabetes

Tanda diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diabetes menjadi salah satu penyakit yang tertinggi penyebab kematian di dunia. Ada dua jenis diabetes, di mana diabetes tipe 2 lebih umum daripada diabetes tipe 1

Biasanya, penderita gula darah tinggi sering kesulitan melihat detail halus suatu benda. Ini karena kesehatan mata dan diabetes saling terkait. Diabetes dapat memengaruhi kesehatan mata dan menyebabkan berbagai komplikasi terkait mata. 

Berikut empat masalah mata yang bisa disebabkan oleh gula darah yang tidak terkontrol, dikutip dari Times of India.

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Penglihatan kabur 

Diabetes dapat membuat lensa mata Anda membengkak, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur. Jadi, jika menderita diabetes dan tiba-tiba melihat penglihatan menjadi kabur, Anda tidak perlu segera mengganti kacamata.

Dapatkan gula darah Anda diuji dan pastikan itu di bawah nilai referensi untuk memperbaiki masalah penglihatan kabur. Mungkin diperlukan waktu hingga tiga bulan untuk mendapatkan penglihatan normal Anda kembali. Juga, jangan lupa untuk mendiskusikan masalah ini dengan dokter.

Katarak

Sama seperti kamera, lensa alami mata Anda membantu Anda melihat dan fokus pada sebuah gambar. Ketika lensa menjadi keruh atau kotor, itu merupakan indikasi bahwa katarak telah terbentuk. Siapa pun bisa terkena katarak, tetapi penderita diabetes mungkin mendapatkannya lebih awal daripada orang yang tidak menderita diabetes.

Lensa yang keruh tidak dapat membiarkan mata Anda fokus sebagaimana mestinya. Pembedahan diperlukan untuk menghilangkan katarak. Dalam operasi, lensa yang keruh diangkat dengan lensa buatan.

Glaukoma

Orang yang menderita diabetes lebih mungkin terkena glaukoma, yang terdiri dari beberapa jenis. Pada glaukoma, tekanan menumpuk di dalam mata Anda karena cairan tidak mengalir sebagaimana mestinya. Ini dapat merusak saraf dan pembuluh darah, yang menyebabkan perubahan penglihatan.

Bentuk glaukoma yang paling umum adalah glaukoma sudut terbuka, yang dapat diobati dengan obat-obatan. Obat-obatan menurunkan tekanan dengan mempercepat drainase dan mengurangi cairan di dalam mata Anda.

Retinopati diabetik

Retina adalah sekelompok sel di bagian belakang mata Anda yang mengambil cahaya. Ini berubah menjadi gambar yang dikirim saraf optik ke otak Anda. Kerusakan pembuluh darah yang lebih kecil di retina Anda dapat menyebabkan retinopati diabetik. Jika tidak terdeteksi dan diobati tepat waktu, Anda bahkan bisa menjadi buta.

Pemeriksaan mata adalah suatu keharusan

Pemeriksaan mata tahunan penting untuk mengetahui masalah mendasar apa pun. Hal ini dapat mencegah masalah menjadi lebih buruk di masa depan.

Tanda-tanda darurat

- Bintik hitam dalam penglihatan Anda

- Lubang dalam visi Anda

- Kilatan cahaya

- Penglihatan kabur