Ingin Jatung Tetap Sehat, Ikuti Kebiasaan Gaya Hidup Ini

Sakit jantung
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyakit paling umum di antara orang-orang dan merupakan penyebab utama kematian di dan di seluruh dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Sementara orang tua lebih rentan terhadap kondisi jantung, belakangan ini, terjadi lonjakan serangan jantung di kalangan anak muda. Banyak ahli dan beberapa penelitian telah menyatakan bahwa kebiasaan gaya hidup tidak sehat bertanggung jawab atas peningkatan mendadak jumlah pasien muda ini. 

Hal ini membuat pilihan yang tepat, mengikuti diet yang tepat dan beralih ke perilaku sehat adalah apa yang akan menjaga jantung Anda tetap sehat dalam jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda terapkan jika ingin terhindar dari penyakit kardiovaskular, dikutip dari Times of India.

Tetap periksa tekanan darah dan kadar kolesterol

Photo :
  • Freepik/brgfx

Ilustrasi kolesterol.

Sangat penting  untuk mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol untuk fungsi jantung yang sehat. Hipertensi dan kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Sementara tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi tidak memiliki tanda-tanda tertentu, membiarkannya tidak diobati dapat menyebabkan banyak komplikasi dalam jangka panjang.  Inilah sebabnya mengapa diagnosis dini dapat membantu mencegah komplikasi lebih lanjut.