5 Sayuran Ini Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Ilustrasi kolesterol tinggi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam darah. Namun, jika jumlahnya berlebihan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan masih banyak lagi. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi. Merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik dan kondisi medis yang sudah dimiliki sebelumnya, dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. 

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk meminimalkan risiko kolesterol tinggi. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi sayuran. Apa saja?

Berikut beberapa sayuran yang wajib dimasukkan dalam menu sehari-hari, untuk mengurangi kadar kolesterol, dilansir Times of India, Sabtu 19 Maret 2022. 

Ilustrasi okra/sayur-sayuran.

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova

Okra
Penelitian menunjukkan, okra yang dikenal sebagai lady finger, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Gel atau lendir yang terkandung dalam sayuran ini, mampu mengeluarkan kolesterol bersama dengan tinja. 

Terong
Menurut American Heart Association (AHA), makanan berserat tinggi bekerja sangat baik dalam menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara hasil studi menunjukkan, terong merupakan salah satu sayuran yang mengandung serat tinggi. 

Kale
Kale juga merupakan sumber serat dan mengandung beberapa nutrisi, yang mampu membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat). 

Kacang-kacangan
Menurut Harvard Health, kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang sekali lagi baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap sehat dalam tubuh. 

Ilustrasi bawang putih.

Photo :
  • U-Report

Bawang putih
Masih menurut Harvard Health, bawang putih juga mengandung serat larut, yang juga baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.