Angka COVID-19 Meningkat 5 Pekan Berturut-turut, Menkes: Masih Terus Akan Naik

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA Lifestyle – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penularan COVID-19 di wilayah Jawa-Bali pada level 2. Hal ini menyusul dengan kasus COVID-19 yang mengalami kenaikan selama lima pekan berturut-turut.

Berdasarkan laporan WHO Situation Report pada 22 November 2022 lalu, insiden kasus di Jawa-Bali sebesar 22,5 per 100 ribu penduduk. Berdasarkan data itu, artinya kasus COVID-19 Jawa dan Bali masuk kategori level 2 lantaran level transmisi komunitas melampaui 20. Scroll untuk info selengkapnya.

Terkait dengan kasus level 2 di wilayah Jawa-Bali, Menteri Kesehatan Budi Sadikin Gunadi angkat bicara. Dijelaskannya bahwa angka kasus COVID-19 akan masih mengalami kenaikan.

"(Angka kasus) COVID-19 akan naik dan akan masih naik, kita sudah meneliti setiap hari," kata dia saat ditemui di Shangri- La Hotel Jakarta, Jumat 25 November 2022.

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Lebih lanjut, diungkap oleh Menkes, puncak kasus COVID-19 di Indonesia sendiri diprediksi akan terjadi pada Desember 2022 mendatang.

"Peak-nya sudah hampir sampai, dan Desember ini peak-nya sudah harus tercapai. Di negara lain lebih tinggi (varian) B.4, B.5  sekarang lebih tinggi 8 ribuan," ungkapnya.