Pertolongan Pertama Serangan Asma

Ilustrasi Asma
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Jika Anda penderita asma, pasti tidak lupa untuk selalu membawa inhaler saat bepergian ke luar rumah. Hal ini diperlukan untuk mencegah serangan asma terjadi.

Saat serangan asma terjadi, saluran udara di dalam paru-paru bisa meradang dan tertutupi lendir sehingga sulit bagi seseorang untuk bernapas. Banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya serangan asma, diantaranya polusi udara, kelelahan fisik, kelelahan emosional, asap rokok, dan debu.

Namun, apa yang terjadi jika lupa membawa inhaler dan mendadak serangan asma itu terjadi? Jangan khawatir, berikut enam hal yang dapat Anda lakukan jika memiliki serangan asma dan inhaler pun tidak dibawa, seperti dilansir laman Boldsky, .

Saat dada terasa sesak

Cobalah untuk duduk tegak dan istirahatlah, lalu coba serileks mungkin. Usahakan jangan membungkuk atau berbaring, hal tersebut justru membuat pernapasan akan semakin menyempit.

Ambil napas panjang dan dalam

Ini akan memperlambat pernapasan Anda ke bawah dan mencegah hiperventilasi atau keadaan napas yang berlebihan akibat kecemasan yang mungkin disertai dengan histeria atu serangan panik. caranya dengan tarik napas melalu hidung dan hembuskan melalui mulut Anda.

Jangan panik

Pastikan Anda tetap tenang selama serangan asma terjadi. Panik hanya membuat otot dada menjadi tegang dan membuat bernapas lebih sulit. Ini mungkin menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, karena selama serangan asma, refleks pertama adalah panik, terutama jika menyadari jika inhaler tidak tersedia. Namun, tetaplah berusaha tenang.

Hindari debu dan AC

Hindari dari hal-hal yang memicu asma terjadi, seperti debu atau ruangan yang dipenuhi dengan suasana ber-AC.

Carilah bantuan darurat

Jika napas terasa berat dan batuk tidak berhenti meskipun Anda sudah beristirahat panjang, hubungi ambulans atau hubungi orang terdekat Anda untuk mengantarkan ke rumah sakit.

Minuman hangat

Kopi atau teh hangat bisa membuat saluran udara sedikit terbuka sekitar satu jam atau lebih.

Jika Anda sering mengalami serangan asma secara rutin, ini menunjukkan jika Anda tidak mengendalikan kondisi tubuh dengan baik. Sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.