Lima Hal yang Mengundang Datangnya Alergi

Renang
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki alergi terhadap sesuatu, tentunya akan sangat mengganggu aktivitas harian. Belum lagi, bila alergi itu menyebabkan efek samping seperti pusing, mual, hingga bersin-bersin.

Untuk beberapa kasus alergi, gejalanya bisa diredakan dengan pengobatan. Namun, bagaimana jika reaksi alergi malah semakin parah? Apa penyebabnya? Ini ulasannya menurut laman Health.

Cuaca


Hal pertama yang bisa memperburuk gejala alergi adalah cuaca. Musim semi, adalah musim yang biasanya paling berbahaya bagi si penderita alergi. Bubuk bunga yang bertebaran, dan debu yang beterbangan, bisa memicu gejala alergi menjadi semakin parah.

Untuk itu, Anda yang memiliki alergi sebaiknya menggunakan masker ketika keluar ruangan, agar partikel udara tidak masuk dan menimbulkan reaksi yang mengganggu Anda, nantinya.

Mandi pagi

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahuinya, namun mandi pagi, adalah salah satu pemicu terjadinya alergi. Hal ini karena partikel penyebab alergi bisa saja menempel di tubuh dan kulit di malam hari, yang terbawa tidur.

Ketika terbasuh air, maka partikel akan menyebar dan menyebabkan gejala alergi yang lebih parah. Siasati hal ini, dengan mandi atau membersihkan diri sebelum tidur di malam sebelumnya.

Lensa kontak

Pahamilah bahwa pemakaian lensa kontak juga bisa menyebabkan gejala alergi makin parah. Hal ini karena bahan dari lensa kontak yang sangat lembut dan berbahan dasar air ini, bisa menarik dan membuat partikel alergi menempel di lapisan luar lensa yang bisa membuat mata merasakan alergi.

Dalam jangka panjang, partikel dalam lensa kontak ini bisa menyebabkan mata iritasi, kering, dan menyebabkan gangguan yang tentunya membahayakan.

Stres

Beban dan tekanan pikiran yang Anda rasakan, sedikit banyak juga bisa menyebabkan bertambah parahnya gejala alergi Anda. Hal ini umumnya terjadi pada orang dengan alergi pada sistem pernapasan seperti asma.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University menyatakan bahwa 65 persen pengidap alergi yang mengalami stres, akan mengalami gejala yang lebih buruk.

"Saat seseorang berada dalam tekanan, dan rasa cemas mulai muncul, maka gejala alergi dapat segera muncul," ujar salah satu peneliti.

Kolam renang

Anda yang hobi renang, berhati-hatilah, karena kolam renang yang biasa Anda singgahi, bisa menjadi pemicu bertambah parahnya alergi yang Anda alami. Kuncinya ada pada kandungan klorin yang terdapat pada air kolamnya.

Berenang, atau bahkan hanya duduk di sekitar kolam yang berklorin, dapat memicu reaksi alergi pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan gas kimia yang dikeluarkan air dengan klorin, yang bisa terhirup oleh hidung dan menyebabkan alergi bertambah parah. (art)