Waspada, Make-up Bisa Datangkan Jamur di Wajah

Ilustrasi tata rias atau make up
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kosmetik adalah senjata penting bagi wanita, yang selalu digunakannya setiap hari. Untuk itu harus dirawat. Tak hanya jenis kosmetik seperti bedak dan lipstik, beberapa alat rias seperti kuas bedak hingga spons, juga harus dijaga kebersihannya. Mengapa?

Faktanya, alat make-up yang tidak dirawat kebersihannya, bisa mendatangkan bakteri yang bisa menempel pada wajah, salah satunya jamur.

Jamur, tak hanya bisa tumbuh di sela lipatan tubuh, tapi juga bisa tumbuh di wajah. Salah satu pemicunya karena pemakaian spons bedak yang tidak cermat.

Dokter Lula Kamal mengatakan, "Spons bedak yang sudah mulai menghitam, adalah tanda dari berkembangnya jamur yang bila tetap digunakan, akan membuat jamur tumbuh di wajah," ujarnya, Kamis 7 Mei 2015. Hal ini semakin parah, bila Anda terbiasa membahasi spons untuk membuat bedak mudah menempel di kulit.

"Kulit wajah akan terlihat buruk dan sulit memakai riasan, seperti topeng, ia tidak natural," tambah Lula. Untuk itulah wanita harus selalu membersihkan alat make-up yang digunakan. Karena bila salah, yang menjadi taruhan adalah kesehatan dan keremajaan kulit.

"Pastikan kita mengganti alat rias paling tidak tiga bulan sekali, agar alat make-up tidak berjamur dan tidak menjadi sarang bakteri," katanya.