Wanita Berat Badan Ideal Juga Punya Potensi Kanker Payudara

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Informasi yang beredar mengenai kecenderungan kanker payudara pada wanita bertubuh gemuk ternyata hanya rumor belaka. Kanker bisa menyerang siapa saja, tak berbatas usia ataupun bobot tubuh seseorang.

Sebuah studi baru-baru ini menyebutkan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh (imt) normal juga berisiko mengidap kanker payudara.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Cancer Prevention Research, menemukan bahwa wanita dengan IMT normal mungkin saja berisiko mengalami kanker payudara karena perbesaran sel lemak di bawah jaringan payudaranya, yang memicu proses peradangan sel. Sehingga, para dokter disarankan agar tidak menyepelekan risiko kanker pada wanita yang memiliki berat badan normal.

"Kami menyebutnya metabo-inflamasi, yang berarti adanya peradangan pada lemak yang merupakan sebuah konsekuensi metabolik, bahkan pada berat tubuh wanita normal," ujar pemimpin studi sekaligus spesialis onkologi, Dr. Neil Iyengar, dikutip dari laman Medical Daily.

Menurut Neil, penelitian ini untuk meningkatkan kesadaran, bahwa semua populasi berpotensi mengalami kanker payudara. Studi ini sendiri mengobservasi jaringan payudara dari 72 wanita dengan IMT normal.

Dari hasil observasi, 39 persen wanita memiliki tanda peradangan pada jaringan lemak payudaranya. Peradangan ini terjadi akibat pelebaran atau perusakan sel lemak yang disebut adiposit, oleh adanya sel darah putih atau makrofag.

Respon imun pada sel lemak yang sudah mati itu, menyebabkan reaksi peradangan yang berkontribusi pada risiko kanker. Inflamasi atau peradangan sendiri diakibatkan oleh sel payudara yang berkaitan dengan jumlah enzim aromatase, yang dapat membantu pertumbuhan dari tumor payudara.

Meski demikian, belum ada alasan lebih detail mengenai perkembangan peradangan sel lemak ini di tubuh wanita dengan IMT normal. Namun, untuk kasus kegemukan, kaitannya sudah sangat erat dengan beberapa penyakit berbahaya termasuk kanker.