Gula Sehat Ini Berasal dari ASI, Mau Coba?

Ilustrasi gula.
Sumber :
  • Pixabay/moritz320

VIVA.co.id – Sebuah penelitian dalam ilmu nutrisi dan makanan telah menemukan manfaat kesehatan dari kandungan air susu ibu, atau ASI, yaitu oligosakarida. 

Oligosakarida adalah 'gula sehat' yang kandungannya paling banyak kedua dalam ASI dan sangat penting untuk pertumbuhan dan nutrisi bayi. 

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini, juga mengungkapkan bahwa tak hanya memberikan asupan bayi. Namun, gula ASI ini juga memberi makan bakteri tertentu di usus bayi, sehingga pencernaan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain itu, ternyata prebiotik ini juga dapat memperbaiki kesehatan usus orang dewasa. Dengan demikian, perusahaan telah berusaha mengembangkan sebuah proses untuk memproduksi gula ASI ini, sehingga layak dikonsumsi umum dan punya nilai ekonomis.

Sugarlogix, salah satu perusahaan start up di California Amerika Serikat telah mulai memproduksi dan siap menjual gula ASI buatan mereka. Dilasir laman Foodbeast, Sugarlogix memproduksi setidaknya satu HMO melalui fermentasi.

Gula ini disebut 2'-fucosyllactose, dapat dikategorikan ke dalam bakteri seperti Bifidobacterium longum infantis pada perut bayi dan orang dewasa. 

Hanya mikroba ini yang dapat memecahnya, menggunakannya untuk tumbuh cukup dan membunuh bakteri yang berpotensi menular seperti e.coli yang patogen. 

Dengan mengonsumsi gula sehat ini, kita bisa menurunkan risiko penyakit Parkinson, kanker, dan penyakit lain yang terkait dengan kesehatan usus yang tidak tepat. (asp)