Ciri Orang Psikopat Bisa Dilihat dari Musik Favoritnya

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Selera musik seseorang, ternyata juga bisa menggambarkan kepribadian orang. Sebuah studi di Amerika menemukan, bahwa para psikopat memiliki kecenderungan untuk menyukai musik hip hop dan musik R&B.

Para periset di New York University menyebut bahwa pencinta Eminem dan Blackstreet sebagai dua favorit di antara mereka yang memiliki skor psikopat tertinggi.

Jika Anda adalah penggemar rapper seperti Eminem, ketahuilan bahwa kemungkinan Anda adalah seorang psikopat, demikian ungkap sebuah studi baru tersebut.

Dilansir laman Daily Mail, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang memiliki sifat psikopatik, lebih memilih mendengarkan lagu-lagu rap.

Meskipun temuan ini belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, tapi para peneliti lebih jauh mengatakan bahwa lagu-lagu rap bisa digunakan untuk memprediksi gangguan jiwa di kemudian hari.

Sejumlah peneliti dari New York University meneliti bagaimana pilihan musik seseorang berkorelasi dengan kecenderungan psikopatik mereka.

Tidak seperti Hannibal Lecter, seorang psikopat yang digambarkan dalam film di tahun 1991 'Silence of the Lambs', yang sangat menyukai musik klasik, nampaknya para psikopat kemungkinan besar memilih musik Hip Hop dengan lagu-lagu rap.

Dalam penelitian tersebut, 200 orang diperdengarkan 260 musik, dan melakukan tes untuk mendapatkan nilai psikopatik mereka.

Hasilnya menunjukkan, orang dengan nilai psikopatik tertinggi merupakan penggemar berat lagu-lagu rap, yang meliputi lagu 'No Diggity' dari Blackstreet, dan 'Lose Yourself' milik Eminem.

Sebaliknya, mereka yang memiliki nilai psikopatik paling rendah, memilih lagu pop, yang meliputi 'My Sharona' milik The Knack dan 'Titanium' yang dinyanyikan Sia.

Meski temuan ini belum dipublikasikan, tapi para peneliti berharap bisa melaksanakan studi lebih luas lagi untuk memverifikasi hasilnya.

Di masa mendatang, para peneliti bahkan berani mengatakan bahwa lagu bisa digunakan untuk memprediksi gangguan ini.

Di studi berikutnya, para peneliti juga berharap bisa mengidentifikasi apakah kelompok lagu tertentu bisa memprediksi psikopat potensial.

Penulis penelitian Dr Pascal Wallisch mengatakan, jika ini benar, maka daftar lagu online bisa digunakan untuk menemukan seorang psikopat.

"Kebaikan dari gagasan ini adalah, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan tes skrining tanpa memerlukan persetujuan, kerja sama atau bahkan sepengetahuan orang tersebut," katanya.