Ada 6 Ton Kurma dan 6.000 Liter Air Zamzam Gratis di Jakarta

Saudi House Festival di Senayan, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Dalam rangka menyemarakkan pagelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi menyelenggarakan festival kebudayaan Kerajaan Arab Saudi bertajuk ‘Saudi House Festival’.

Selama pameran kebudayaan berlangsung, telah disiapkan beberapa paviliun yang meliputi kaligrafi, kurma, zamzam, henna, seni visual Arab Saudi dalam miniatur dua masjid suci dan masakan tradisional. Selain itu terdapat juga pertunjukan harian tarian tradisional serta pertunjukan musik yang dapat dinikmati secara gratis

Berdasarkan pantauan VIVA, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha pada Rabu, 22 Agustus 2018, terdapat antrean mengular di depan paviliun kurma dan air zamzam yang dibagikan secara gratis.

Terdapat 10 jenis kurma yang didatangkan langsung dari daerah Al Qassim. Pengunjung dapat mengambil langsung kurma ke dalam kantung plastik yang disediakan.

Saudi House total membawa 6 ton kurma dan sekitar 6.000 liter air zamzam.

Kurma Sukkari menjadi yang paling favorit di antara semuanya. Warna kurma yang coklat segar dan  bentuknya yang bulat menjadi alasan kurma Sukkari lebih diminati.

“Sukkari yang paling terkenal dan diminati di sini. Harganya paling mahal juga dari Rp700 ribu sampai Rp780 ribu per kilogram. Tapi di sini gratis,” ucap Moudhi bint A. Al Sudairy, selaku staf representatif Komite Olimpiade Arab Saudi saat ditemui di Jakarta, Rabu, 22 Agustus 2018.

Saudi House Festival dilaksanakan dari tanggal 19-22 dan 24-28 Agustus di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, yang berjarak tidak jauh dari stadion Gelora Bung Karno.

Gelaran ini dapat dikunjungi secara gratis oleh masyarakat mulai pukul 14.00-22.00 WIB. Layanan antar jemput gratis juga disediakan dari Stasiun Palmerah, Stasiun Sudirman dan Stadiun Gelora Bung Karno.