10 Makanan Tradisional di Dunia, Wajib Ada Saat Tahun Baru

Puding beras
Sumber :
  • bustle

VIVA –  Tak hanya menggelar perayaan untuk melewati pergantian tahun, banyak orang di berbagai belahan dunia juga mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Menu yang dikonsumsi melambangkan kemakmuran, dan keberuntungan.

Dilansir dari laman Bustle, Senin 31 Desember 2018 berikut ini sepuluh jenis makanan yang sering dikonsumsi saat malam tahun baru.

1. Soba

Di Jepang, sup mie soba dikonsumsi setiap tahun baru. Mengonsumsi soba di Jepang melambangkan kesehatan dan panjang umur. Selain itu, menikmati moci juga menjadi sebuah tradisi yang dilakukan saat perayaan tahun baru.

2. Sauerkraut

Pada malam tahun baru masyarakat Jerman akrab mengonsumsi makanan tradisional sauerkraut yang merupakan asinan kubis. Mengonsumsi ini saat tahun baru dipercaya dapat mendatangkan kekayaan dan keberuntungan di tahun yang baru.

3. Anggur

Ketika jam berdentang pukul 00.00 atau menandakan 1 Januari, orang-orang di Spanyol akan makan 12 anggur dengan cepat. Mereka percaya bahwa memakan 12 anggur saat pergantian tahun dapat mendatangkan keberuntungan di tahun yang baru.

4. Cotechino con Lenticchie

Hidangan Italia ini melambangkan kemakmuran dan keberuntungan di Tahun Baru. Sajian ini terdiri dari kacang bundar berbentuk koin emas kecil dan juga daging babi yang dianggap membawa keberuntungan.

5. Vasilopita

Tradisi di Yunani ini cukup unik. Yang mana kue yang telah dipanggang akan dimasukkan sebuah koin di dalamnya. Nantinya kue ini akan disajikan sebagai hidangan penutup pada tengah malam. Siapapun di antaranya yang mendapatkan koin tersebut, diyakini bisa mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

6. Pickled Herring

Di Polandia, makanan ini dikonsumsi saat tahun baru dengan anggapan di tahun yang baru ini, mereka bisa hidup makmur.

7. Roast Suckling Pig

Di Kuba, banyak masyarakatnya percaya jika mengonsumsi daging babi di tahun baru mereka bisa maju dan makmur di tahun yang baru ini.

8. Puding Beras

Baik di Swedia maupun Finlandia, hidangan penutup ini disajikan dengan almond yang tersembunyi di dalamnya. Siapa pun yang menemukan almond diyakini akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru. Terkadang, mereka bahkan mendapatkan hadiah.

9. Roti Jagung

Di Amerika Serikat bagian selatan, roti jagung adalah hidangan tradisional yang dipercaya membawa kemakmuran di tahun mendatang, karena biji jagung kuning terlihat seperti emas.

10. Rosca de Reyes

Makanan penutup Tahun Baru ala Meksiko ini biasanya dikonsumsi beberapa hari setelah hari pertama di bulan Januari, atau pada Hari Tiga Raja, 6 Januari.

Mirip dengan tradisi Malam Tahun Baru lainnya, sebuah perhiasan kecil disembunyikan di dalam kue, dan siapa pun yang menemukannya dinyatakan sebagai raja untuk hari itu - atau diberi tanggung jawab untuk mendapatkan kue untuk tahun depan. Mereka juga harus mengadakan pesta tamale pada 2 Februari, Candlemas.